Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan WhatsApp yang Salah Kirim Bakal Bisa Ditarik Kembali?

Kompas.com - 20/04/2017, 06:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami salah kirim, entah melayangkan pesan bukan ke kontak yang dimaksud ataupun ingin memikirkan kembali kata-kata yang terlontar.

Selama ini pesan WhatsApp tidak bisa ditarik kembali apabila sudah dikirim. Namun keterbatasan tersebut boleh jadi akan berubah dalam waktu dekat.

Dalam rilis beta terbaru aplikasi itu (versi 2.17.150), WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur "unsend" alias kemampuan menarik kembali pesan yang telah terkirim. (Baca: Alasan WhatsApp Kembalikan Status Berbasis Teks)

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari The Independent, Kamis (20/4/2017) menyebutkan bahwa WhatsApp menerapkan jendela waktu selama lima menit untuk melakukan "unsend" pesan.

Pengguna bisa menarik kembali pesan terkirim sebelum periode waktu lima menit itu berakhir. Namun, apabila terlambat, maka pesan akan tetap terkirim.

Ada dua pilihan penarikan pesan yang dilakukan, yakni "edit" atau menyunting kembali pesan terkirim dan "revoke" alias menarik kembali pesan secara keseluruhan.

Sebelumnya, pada awal tahun ini, WhatsApp sempat pula disebut bakal menambah fitur penarikan pesan.

Fitur penarikan pesan diprediksi akan bergulir secara resmi ke aplikasi WhatsApp setelah Apple menyalurkan update iOS terbarunya tahun ini.

Selain itu, WhatsApp juga disinyalir tengah menyiapkan fitur lain bernama "change number" untuk memudahkan pengguna untuk memberitahukan teman-teman apabila berganti nomor ponsel. (Baca: Begini Cara Bikin Status Foto dan Video di WhatsApp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com