Kompas.com - 20/04/2017, 06:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sebagian pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami salah kirim, entah melayangkan pesan bukan ke kontak yang dimaksud ataupun ingin memikirkan kembali kata-kata yang terlontar.

Selama ini pesan WhatsApp tidak bisa ditarik kembali apabila sudah dikirim. Namun keterbatasan tersebut boleh jadi akan berubah dalam waktu dekat.

Dalam rilis beta terbaru aplikasi itu (versi 2.17.150), WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur "unsend" alias kemampuan menarik kembali pesan yang telah terkirim. (Baca: Alasan WhatsApp Kembalikan Status Berbasis Teks)

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari The Independent, Kamis (20/4/2017) menyebutkan bahwa WhatsApp menerapkan jendela waktu selama lima menit untuk melakukan "unsend" pesan.

Pengguna bisa menarik kembali pesan terkirim sebelum periode waktu lima menit itu berakhir. Namun, apabila terlambat, maka pesan akan tetap terkirim.

Ada dua pilihan penarikan pesan yang dilakukan, yakni "edit" atau menyunting kembali pesan terkirim dan "revoke" alias menarik kembali pesan secara keseluruhan.

Sebelumnya, pada awal tahun ini, WhatsApp sempat pula disebut bakal menambah fitur penarikan pesan.

Fitur penarikan pesan diprediksi akan bergulir secara resmi ke aplikasi WhatsApp setelah Apple menyalurkan update iOS terbarunya tahun ini.

Selain itu, WhatsApp juga disinyalir tengah menyiapkan fitur lain bernama "change number" untuk memudahkan pengguna untuk memberitahukan teman-teman apabila berganti nomor ponsel. (Baca: Begini Cara Bikin Status Foto dan Video di WhatsApp)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.