Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Hemat Baterai Galaxy S8 Versi Snapdragon atau Exynos?

Kompas.com - 20/04/2017, 20:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 hadir dengan kapasitas baterai yang sama dengan Galaxy S7 yakni 3.000 mAh. Meski demikian, baterai pada Galaxy S8 diklaim lebih tahan lama dibandingkan pendahulunya.

Hal ini dimungkinkan prosesor Snapdragon 835 atau Exynos 8895 yang lebih efisien daya. Keduanya dibuat dengan arsitektur 10 nm terbaru, bukan 14 nm seperti di Galaxy S7.

Nah, berbicara soal chipset, Snapdragon 835 dan Exynos 8895 dikatakan identik dari segi performa secara keseluruhan. Galaxy S8 versi Snapdragon diperuntukan bagi masyarakat Amerika Serikat dan China, sementara versi Exynos untuk pasar global lainnya. (Baca: Membandingkan Galaxy S8 Plus dengan LG G6)

Lantas, dari segi baterai, apakah kedua versi memberikan performa sama? Ketika diuji coba, Galaxy S8 yang dipersenjatai Exynos 8895 ternyata lebih efisien sehingga baterainya lebih tahan lama.

Dengan penggunaan normal, baterai bisa tahan 8 jam 22 menit, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/4/2017).

Sementara itu, Galaxy S8 yang diotaki Snapdragon 835 mampu bertahan 7 jam 30 menit dengan pemakaian serupa. Perbedaannya bisa dibilang cukup signifikan, hingga hampir satu jam.

Hasil uji ini juga sekaligus mengonfirmasi bahwa baterai Galaxy S8 tak bisa tahan dua hari. Flagship itu harus di-charge pasca pemakaian non-stop selama 7 hingga 8 jam.

Salah satu alasan versi Snapdragon lebih boros baterai adalah fakta bahwa kecepatan Snapdragon sedikit lebih tinggi. Kecepatan maksimum untuk versi Snapdragon adalah 2.35 GHz dan daya rendahnya 1.9 GHz. Sementara pada Exynos kecepatan maksimumnya 2.3 GHz dan terendahnya pada 1.7 GHz. (Baca: Bapak-Anak Gergaji Baterai Galaxy S8, Hasilnya?)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com