Helikopter Buatan Facebook Ini Bisa Sebar Sinyal Internet

Kompas.com - 21/04/2017, 07:21 WIB
Tether-tenna, helikopter penyebar internet buatan Facebook PC MagazineTether-tenna, helikopter penyebar internet buatan Facebook
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook membuat helikopter kecil bernama Tether-tenna. Helikopter tersebut berguna untuk menyebarkan sinyal internet khusus di wilayah tertentu yang berada dalam situasi darurat.

Sebagai contoh, misalnya suatu wilayah mengalami bencana alam dan menara base tranceiver station (BTS) milik suatu operator seluler di sana rusak. Otomatis sinyal operator di wilayah tersebut hilang.

Sebagai penanganan darurat, Facebook bisa mengirimkan Tether-tenna ke wilayah tersebut, dan memakainya untuk menyebarkan sinyal internet agar orang-orang bisa kembali berkomunikasi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (21/4/2017), untuk bisa menyelenggarakan sinyal internet tersebut, Tether-tenna tidak bisa bekerja sendiri. Tether-tenna membutuhkan sambungan kabel serat optik yang masih berfungsi dan dukungan daya listrik agar bisa bekerja.

Karena itu, hanya wilayah bencana yang masih memiliki listrik dan kabel serat optik saja yang bisa menggunakan Tether-tenna sebagai penyebar internet sementara.

Saat ini helikopter penyebar internet tersebut masih dalam proses pengembangan. Belum jelas apakah Facebook akan memproduksinya dalam jumlah besar untuk dipakai sendiri, atau dipakai melalui kerja sama dengan para operator telekomunikasi.

Facebook sendiri mengatakan telah sukses menguji coba Tether-tenna untuk beroperasi menyebarkan sinyal internet selama 24 jam. Namun proyek ini masih belum selesai. Raksasa media sosial itu masih perlu menyempurnakan dan mengembangkannya agar bisa benar-benar dipakai dalam situasi nyata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat sudah sempurna, teknologi ini akan bisa dipakai menyediakan akses internet darurat dan beroperasi selama berbulan-bulan sambil menunggu pulihnya sinyal telekomunikasi,” terang Director Connectivity Program, Facebook, Yael Maguire.

“Sekarang teknologi ini masih dalam proses pengembangan tahap awal. Masih banyak yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tantangan dalam praktek dunia nyatanya. Misalnya soal kendala tiupan angin kencang dan petir,” imbuhnya.

Selain itu ada masalah keamanan juga. Pasalnya, helikopter berukuran sebesar mobil VW Beetle tersebut membutuhkan listrik tegangan tinggi untuk bisa beroperasi.

Sekadar diketahui, Tether-tenna merupakan salah satu dari banyak strategi yang sedang dikembangkan oleh Facebook. Sebelumnya Facebook juga telah mengembangkan drone dengan tugas yang sama.

Baca: Facebook Tawarkan Drone Penyebar Internet ke Indonesia



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.