Kompas.com - 22/04/2017, 07:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Seekor rubah sedang bermimpi tentang bumi. Keadaannya memprihatinkan. Ikan di laut sekarat, terumbu karang rusak. Para pinguin di kutub kesulitan berpijak karena bongkahan es terus meleleh.

Tiba-tiba si rubah terbangun, matanya terbelalak seolah baru dibuat tersadar akan sesuatu. Dia bergegas keluar rumah mungilnya yang terletak di kolong sebuah pohon besar. Di tangan tergenggam sekop dan benih tanaman

“Mumpung baru mimpi,” begitu mungkin pikir si rubah sambil menanam  banyak-banyak bibit pohon baru. Temannya, si kucing, datang menghampiri.

Mereka berdua kemudian pergi ke pasar. Rubah dan kucing membeli sayur mayur yang relatif lebih ramah lingkungan ketimbang daging. Maklum, membesarkan hewannya saja butuh banyak sumberdaya.

Saat yang lain berkendara dengan mobil, rubah dan kucing memilih sepeda tandem. Kali ini mereka ditemani kawan lain, seekor katak hijau yang mengayuh dengan riang.

Hari berganti malam, tiga sekawan tersebut berbicara soal sumber energi terbarukan seperti panel surya dan kincir angin. Lampu serta peralatan elektronik lain dimatikan saat tak dipakai, untuk menghemat listrik.

Rubah, kucing, dan katak kemudian beranjak tidur. Mereka bertiga memimpikan planet Bumi yang lebih hijau.

Tips mudah merawat lingkungan

Google Salah satu tips mudah untuk merawat lingkungan yang ditampilkan Google di laman hasil pencariannya pada Hari Bumi.
Itulah, kurang lebih, isi dari sekelumit kisah yang disampaikan oleh Google melalui doodle Hari Bumi alias Earth Day hari ini, 22 April 2017, dalam bentuk slideshow kartun. Sang rubah dan kawan-kawan merupakan perlambang mereka yang peduli lingkungan.

Slide terakhir dalam cerita menyematkan tautan berisi ajakan untuk mengetahui lebih jauh soal cara merawat Bumi. Hasil pencarian dengan kata kunci “Earth Day tips” akan ditampilkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.