Kompas.com - 22/04/2017, 09:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Instagress adalah salah satu penyedia jasa bot Instagram yang populer dan banyak digunakan. Setelah beroperasi selama setidaknya tiga tahun, Instagress pekan ini mengumumkan telah menutup layanannya.

Sebab di baliknya berkaitan dengan sikap Instagram yang belakangan mulai memerangi aktivitas akun palsu. Instagress termasuk salah satu penyedia layanan pihak ketiga yang disasar.

"Atas permintaan Instagram, kami terpaksa menutup layanan web yang telah banyak membantu Anda di Instagram. Kami sangat sedih tapi tak ada yang bisa dilakukan," tulis Instagress di laman situsnya.

Bot Intsagress sebelumnya memungkinkan akun pengguna untuk memberikan "like" dan berkomentar di posting orang lain secara otomatis. Meningkatkan engagement dengan sesama pengguna lewat cara ini terbukti efektif mendongkrak jumlah follower.

Instagress Pemberitahuan penutupan layanan bot di laman Instagress.

Instagress mengiklankan layanannya sebagai sarana untuk "membuat pasukan robot, klon dari Anda sendiri dengan ketertarikan dan gaya yang sama, lantas membiarkan mereka bekerja untuk Anda di Instagram".

Ada biaya bulanan sebesar 10 dollar AS yang dikutip Instagress dari para pengguna jasanya. Setelah ditutup, Instagress menawarkan refund bagi pengguna dengan melakukan login di situs.

Instagram menolak berkomentar mengenai penutupan Instagress. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Sabtu (22/4/2017), layanan photo sharing itu hanya merujuk pada developer policy yang melarang penjualan data Instagram oleh pihak ketiga.

Penggunaan bot atau layanan lain untuk mendongkrak popularitas secara artifisial kerap ditemukan di Instagram. Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 memperkirakan bahwa sekitar 8 persen dari keseluruhan akun Instagram merupakan akun spam otomatis yang berjalan dengan bot.

Jumlah pihak-pihak ketiga yang menyediakan jasa follower palsu atau bot otomatis untuk Instagram disinyalir mencapai angka ratusan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.