Kompas.com - 23/04/2017, 12:50 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Presiden RI, Joko Widodo menempati posisi ke-4 sebagai pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di Instagram. Setidaknya begitu menurut laporan berrtajuk "World Leaders on Instagram" yang dirilis firma komunikasi strategis global, Burson Marsteller.

Jokowi, begitu ia kerap disapa, saat ini memiliki sekitar 3,8 juta pengikut alias followers di Instagram (@jokowi). Jumlah itu meningkat 673 persen dibandingkan satu tahun lalu.

Hal ini tak lepas dari keaktifan Jokowi berinteraksi dengan para pengikutnya. Menurut laporan, Jokowi juga berada pada peringkat ke-4 sebagai pemimpin negara yang paling interaktif di Instagram.

Baca: Instagram Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet?

Secara total, ada 17 jutaan interaksi yang dibangun Jokowi via layanan berbagi foto dan video tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (23/4/2017), dari keterangan pers yang diterima.

Menilik laporan Burson Marsteller selengkapnya, ada 73 kepala negara, 38 kepala pemerintah, serta 28 perdana menteri yang memiliki akun Instagram pribadi di Instagram.

Per April 2017, Perdana Menteri India Narendra Modi (@narendramodi) menjadi pemimpin negara yang paling banyak diikuti di Instagram dengan jumlah pengikut 7,2 jutaan. Lantas posisi kedua ditempati Presiden AS Donald Trump (@realdonaldtrump) dengan 6,6 jutaan pengikut.

Di peringkat ketiga ada Kepala Negara Kota Vatikan, yakni Paus Fransiskus (@franciscus). Paus ke-266 tersebut diikuti oleh 3,8 juta followers.

Jokowi beradu sengit dengan Paus Fransiskus dari segi jumlah pengikut, sebab sama-sama di kisaran angka 3,8 jutaan followers. Pada 1 April lalu, jumlah pengikut Jokowi masih 3,4 jutaan sementara Paus Fransiskus sudah 3,7 jutaan. Artinya, pertumbuhan pengikut Jokowi lebih signifikan.

Membangun komunikasi online

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.