Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Windows 10 dengan "Chip" Snapdragon Meluncur Akhir 2017

Kompas.com - 23/04/2017, 16:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Windows RT, OS tersebut pada dasarnya adalah Windows 8 yang ditujukan untuk perangkat berbasis chip buata ARM.

Meski gagal berkembang dan hanya dipakai oleh segelintir perangkat, seperti tablet Surface dan smartphone Lumia 2520, Microsoft belum kapok dan berniat mengembangkan varian Windows 10 untuk ARM.

Raksasa software tersebut bekerja sama dengan Qualcomm dalam membuat sistem operasi yang bisa berjalan di perangkat dengan prosesor Snapdragon.

Belakangan, dalam sebuah conference call dengan investor, CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf mengungkapkan Windows 10 untuk Snapdragon rencananya akan siap menjelang akhir 2017.

Snapdragon 835 kami dikembangkan ke ranah PC mobile yang menjalankan Windows 10, jadwal peluncurannya pada kuartal keempat tahun ini,” sebut Mollenkopf, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (23/4/2017).

Windows 10 di PC selama ini berjalan di perangkat dengan arsitektur x86 seperti prosesor-prosesor buatan Intel dan AMD. Sebaliknya, chip Snapdragon besutan Qualcomm yang banyak digunakan di gadget mobile mengandalkan arsitektur ARM.

Tak seperti Windows RT sebelumnya, Snapdragon bersistem operasi Windows 10 nantinya akan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi desktop standar.

Ini karena Microsoft ikut membenamkan software emulator untuk menangani aplikasi Windows populer seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Kinerja perangkat berbasis Snapdragon tak akan setinggi PC berprosesor kelas desktop, tapi penggunaan dayanya juga lebih irit sehingga cocok untuk gadget mobile.

Boleh jadi pula harga perangkat Windows 10 berbasis Snapdragon bakal lebih murah dibandingkan PC atau laptop.

Baca: Qualcomm Pamer Kinerja Snapdragon 835, Seberapa Kencang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.