Zuckerberg Cari Orang untuk Perangi "Hoax" di Facebook?

Kompas.com - 24/04/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa berita palsu alias hoax banyak beredar di Facebook. Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO jejaring sosial itu, pun dikabarkan sedang mencari orang untuk mengepalai divisi produk berita Facebook demi memerangi hoax.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa Facebook kini sedang mendekati para profesional berpengalaman dari industri teknologi dan media. Akan tetapi, Facebook masih kesulitan menemukan orang yang mampu menangani permasalahan berita dan teknologi sekaligus.

Sang kepala divisi berita Facebook disinyalir akan bertanggung jawab kepada Vice President Facebook Fidji Simo sebagai pucuk pimpinan soal berita dan video di Facebook. Lowongan untuk kepala divisi news ini tak terdaftar di situs Facebook.

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Recode, Senin (24/4/2017), siapapun yang ditempatkan sebagai kepada news di Facebook nantinya akan turut membuat produk berita untuk media-media rekanan Facebook, seperti Instant Articles.

Tugas tambahannya adalah mencari tahu cara-cara baru untuk mengurangi misinformasi di kalangan pengguna akibat maraknya peredaran hoax.

Facebook mulai memberi perhatian serius terhadap hoax setelah dituding ikut berkontribusi mempengaruhi hasil pemilu presiden di AS, November tahun lalu, dengan berperan sebagai medium berita palsu.

Belakangan, raksasa jejaring sosial itu telah mulai menerapkan upaya-upaya seperti menandai posting yang kebenaran isinya diragukan, serta bekerja sama dengan organisasi-organisasi pemeriksa fakta.

Baca: Begini Cara Google dan Facebook Perangi Hoax



Sumber Recode
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X