Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sarjana yang Jadi Buruh Pabrik Apple, Pasang Sekrup yang Sama 12 Jam Sehari

Kompas.com - 25/04/2017, 10:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dejian Zeng menghabiskan waktu 12 jam sehari untuk merakit iPhone di pabrik komponen Apple Pegatron, Shanghai, China. Sarjana lulusan NTU Singapura tersebut sengaja bekerja sebagai buruh pabrik selama enam minggu.

Ini adalah bagian dari proyek musim panasnya. Sembari bekerja, ia menganalisa kehidupan para buruh di sana, dan menceritakannya ke masyarakat luas.

"Yang saya lakukan hanya memasang sekrup yang menahan speaker di punggung iPhone," begitu Zeng mendeskripsikan pekerjaannya secara detail," sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Selasa (25/4/2017).

Pekerjaan yang terbilang sederhana itu dilakukan berulang-ulang selama 12 jam sehari. Ia memulai hari sejak pukul 07.30 di dalam pabrik dan pulang ke asrama buruh pada pukul 19.30 malam.

"Sangat membosankan karena hanya mengulang pekerjaan yang sama terus-menerus," ia menuturkan.

Gaji yang ia peroleh selama sebulan sekitar 3.100 yuan atau 450 dollar AS (sekitar Rp 5,9 jutaan). Gaji itu sudah termasuk lembur. Para karyawan pun cuma diberikan waktu libur sekali seminggu pada hari Minggu.

Tekanan tinggi

Salah satu hal yang membuat Zeng sangat terkejut adalah perlakuan para manajer atau atasan ke buruh. Menurutnya, seringkali buruh diperlakukan tak manusiawi.

BusinessInsider Dejian Zeng, lulusan NTU yang bekerja 6 minggu sebagai buruh pabrik iPhone.

"Berteriak ke buruh adalah rutinitas di pabrik," ujarnya.

Pegatron paham bahwa bekerja sebagai buruh mereka membutuhkan mental yang kuat. Jika tak tahan, bisa saja buruh bunuh diri. Untuk mencegahnya, Pegatron merancang bangunannya agar buruh tak bisa melompat ke bawah.

"Ada semacam penghalang di jendela dan ruang terbuka ditutupi kawat sehingga buruh tak bisa melompat untuk bunuh diri," kata dia.

Menurut Zeng, ada sekitar 70.000 buruh usia 18 hingga 30 tahun yang bekerja di Pegatron ketika ia di sana. Mereka tinggal di asrama buruh yang terpencar di beberapa titik, ada yang di dalam area pabrik dan ada juga yang di luar.

Dalam satu kamar, ada delapan buruh yang tidur bersama. Mereka diberikan kasur bertingkat untuk dua orang, ada yang di atas dan ada yang di bawah.

"Dalam satu lantai, kami cuma punya satu kamar mandi (bathroom) dan kamar buang air (restroom) yang dipakai bersama oleh 200 orang, sebab satu lantai berisi sekitar 20 kamar," Zeng menjelaskan.

Baca: Film soal Buruh Bikin Apple Tersinggung

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com