Layar OLED Bikin Peluncuran iPhone 8 Molor?

Kompas.com - 25/04/2017, 12:29 WIB
Gambar rekayasa digital iPhone 8. IstGambar rekayasa digital iPhone 8.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Momen kemunculan iPhone 8 di pasaran diprediksi bakal mundur, jika dibandingkan dengan waktu kehadiran iPhone 7 sebelumnya. Kemunduran tersebut bisa terjadi karena sulit diproduksinya beberapa komponen untuk iPhone 8.

Prediksi mundurnya waktu "kelahiran" iPhone 8 tersebut diungkapkan oleh analis andal asal perusahaan KGI, Ming-Chi Kuo. Ia selama ini dikenal mampu memprediksi dengan tepat produk dan rencana dari Apple.

Menurut Kuo, produksi massal dari layar OLED tersebut kemungkinan bakal mundur hingga bulan Oktober atau November di tahun ini. Waktu normal dari produksi iPhone sendiri biasanya ada di bulan Agustus atau September.

Salah satu komponen yang dikatakan sulit untuk diproduksi adalah layar OLED. Apple dikabarkan melakukan beberapa permintaan khusus sehingga pihak pabrikan harus melakukan persiapan tersendiri untuk produksi.

Selain itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Selasa (25/4/2017), komponen lain yang bakal sulit diproduksi adalah SoC Appe A11 10 nm, modul sentuh 3D yang baru, dan kamera 3D.

Meski begitu, para analis masih memprediksi bahwa iPhone 7, seri "umum" dari iPhone, bakal hadir tepat waktu.

Selain itu, masih menurut KGI, mundurnya waktu produksi iPhone 8 selama satu hingga dua bulan bakal memengaruhi kalender penjualan Apple di tahun 2017. Para peminat produk Apple dikatakan menahan keinginan membeli iPhone baru, setidaknya hingga iPhone 8 dirilis ke pasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sendiri dikabarkan bakal memperkenalkan secara resmi dua seri iPhone pada bulan September. Keduanya adalah iPhone 7s dan iPhone 8 yang disebut-sebut sebagai "iPhone versi Ulang Tahun ke-10". iPhone 8 bakal tampil spesial, salah satunya dengan menggunakan layar OLED.

iPhone 7s sendiri diperkirakan akan hadir tepat waktu, biasanya sekitar 2 minggu setelah pengumuman. Sementara itu, seperti yang sudah disebut sebelumnya, iPhone 8 kemungkinan baru akan hadir beberapa bulan setelah pengumuman.

Baca: Apple Borong Layar OLED dari Samsung?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.