Apple Pangkas Komisi untuk Rekanan App Store

Kompas.com - 25/04/2017, 15:31 WIB
Aplikasi MyTelkomsel di toko Apple App Store. Apple iTunesAplikasi MyTelkomsel di toko Apple App Store.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple punya kabar buruk untuk rekanan App Store yang tergabung dalam "The Affiliate Program". Besaran komisi mereka dari pembelian konten di App Store, Apple Music, iTunes, dan iBooks akan dipangkas.

Tak tanggung-tanggung, pemangkasan komisi mencapai 64 persen, dari 7 persen ke 2,5 persen per konten. Aturan ini berlaku mulai 1 Mei 2017.

Dari segi pengguna App Store maupun pengembang aplikasi, tak ada perubahan yang bakal dirasakan atas aturan baru ini, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Selasa (25/4/2017).

Baca: Kotak Kaca Ikonik Apple di New York Bakal Dihancurkan, Mengapa?

Pengguna bisa tetap mengunduh aplikasi, buku, film, serial, game, dan lainnya dengan harga tetap. Pengembang aplikasi juga tetap mengantongi komisi penjualan sebesar 70 persen

Aturan ini hanya berdampak ke para rekanan. Mereka antara lain adalah para reviewer aplikasi dan pemilik situs atau blog.

Melalui platform masing-masing, mereka mempromosikan layanan-layanan di App Store agar diunduh oleh massa mereka. Alhasil, duitnya akan mayoritas masuk ke Apple dan pengembang.

Para rekanan ini sesungguhnya memiliki peran yang besar dalam pemasaran aplikasi dan konten lainnya di App Store. Tanpa mereka, penetrasi konten mungkin bakal lebih lambat.

Dalam suratnya, Apple tak menjabarkan lebih detail alasan pemangkasan ini. Yang jelas, beberapa rekanan mengeluhkannya.

"Ya, perubahan komisi rekanan ini menyebalkan. Untungnya kami tak bergantung pada itu saja, tapi kami tetap akan terkena dampaknya," kata akun bernama @viticci.

Baca: Apple Bakal Terjun ke Bisnis Satelit?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TechCrunch

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X