Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah-wilayah di Samarinda dan Balikpapan yang Terjangkau 4G LTE XL

Kompas.com - 26/04/2017, 07:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - XL Axiata (XL) mulai menyalakan koneksi internet 4G LTE di kota Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemasangan 4G tersebut baru tahap dan akan dikembangkan sesuai dengan pertumbuhan pengguna di sana.

Di Samarinda, jangkauan internet cepat milik XL itu meliputi Loa Janan Ilir, Palaran dan Sanga-sanga. Wilayah tersebut dipilih sebagai titik awal karena merupakan lokasi pusat pemerintahan provinsi dan daerah, bisnis lokal, sentra industri, lembaga pendidikan, Rumah Sakit Umum Daerah, serta ruang publik lainnya.

Sedangkan di Balikpapan, jangkauan 4G LTE milik XL meliputi Klandasar Ulur, Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Ruhui Rahayu, Jl. Soekarno-Hatta, Jl. Baru Ulu, dan Jl. Syarifuddin Yoesa.

“Layanan internet cepat 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan ini akan mendukung aktivitas masyarakat dan juga pelaku bisnis di kota ini, dampak positifnya pun akan dirasakan di daerah sekitarnya secara tidak langsung,” terang Vice President (VP) XL Axiata North Region, Handono Warih, dalam keterangannya kepada KompasTekno, Rabu (26/4/2017).

General Manager (GM) LTE Execution Assurance XL Axiata, Ronhugo Verry Leonard Tambunan menambahkan bahwa tota ada 80 base transceiver station (BTS) yang menopang koneksi 4G LTE di Samarinda. Sementara itu 4G LTE di Balikpapan ditopang oleh total 100 BTS 4G.

Menurutnya, pemasangan akses 4G LTE di kedua kota besar Kalimantan Timur itu mengikuti perkembangan pengguna setempat.

Saat ini ada lebih dari 25.000 orang pengguna XL di kedua kota tersebut, 50 persennya merupakan pelanggan layanan data aktif. Kemudian kota Bontang, yang ada di utara Samarinda, disebut memperlihatkan kenaikan pengguna data yang signifikan.

Secara nasional, hingga kuartal kedua 2017 ini, XL sudah menggelar 4G LTE di sekitar 100 kota. Rencananya perusahaan akan memperluas jangkauan 4G LTE itu hingga mencapai 330 kota pada akhir 2017.

Pengguna 4G LTE di jaringan XL sekarang telah mencapai 14 juta orang atau 30 persen dari keseluruhan jumlah pelanggan telekomunikasi perusahaan.

Baca: 4G XL Dipasangi Perangkat Baru, Internetan Bisa Tembus 360 Mbps

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com