Diperbarui, Aplikasi Uber Kini Tampilkan Rating Penumpang

Kompas.com - 27/04/2017, 08:05 WIB
Pengemudi mobil Uber yang ditumpangi Kompas Tekno, Iwan Setiawan oik yusuf/ kompas.comPengemudi mobil Uber yang ditumpangi Kompas Tekno, Iwan Setiawan
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Selama ini, aplikasi ride-sharing Uber di sisi penumpang bisa memperlihatkan rating sopir yang hendak ditumpangi. Rating itu kerap menentukan apakah penumpang bersedia diantar oleh sang sopir ke destinasi atau tidak.

Sementara itu, rating penggun Uber sendiri sebagai penumpang terbilang sulit diketahui. Penumpang mesti mencari opsi "Account" pada aplikasi, lalu menggulir ke bawah untuk menemukan opsi "I'd like to know my rating".

Bahkan jauh sebelum itu, penumpang yang ingin melihat rating-nya harus mengajukan permintaan via e-mail ke pihak Uber.

Nah, sekarang Uber lebih transparan memperlihatkan rating penumpang di aplikasinya. Rating itu terpatri benar-benar di bawah nama profil penumpang, pada tampilan menu utama aplikasi

Uber Penumpang bisa liat rating diri di Uber dengan mudah.
Pembaruan ini bukan tanpa alasan. Uber ingin rating bintang yang terpampang nyata itu membuat penumpang lebih sadar akan kualitas sikapnya kepada sopir.

"Sopir memberikan yang terbaik untuk membuat penumpang nyaman dan kami berharap penumpang melakukan hal yang sama," begitu tertera dalam blog resmi Uber, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (27/4/2017).

Mekanisme rating UberPool

Selain mempermudah penumpang untuk melihat rating-nya, pembaruan aplikasi Uber juga terkait dengan nasib sopir yang melayani UberPool. Diketahui, UberPool merupakan layanan yang memungkinkan penumpang A berdampingan dalam satu mobil dengan penumpang B yang destinasinya searah.

Selama ini UberPool dianggap menguntungkan penumpang, sebab bayarannya lebih murah. Untuk sopir, UberPool justru menyusahkan karena harus menjaga kenyamanan dua penumpang yang biasanya tak saling kenal.

Baca: Apple Pernah Ancam Hapus Aplikasi Uber, Mengapa?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Blog Uber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X