Kompas.com - 27/04/2017, 09:37 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kuartal pertama 2017 mencatat pertumbuhan pengguna aktif Instagram yang paling agresif sepanjang sejarah layanan berbagi foto itu. Saat ini jumlah pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) Instagram mencapai 700 juta.

Sebelumnya, pada Desember 2016, MAU Instagram sudah tembus 600 juta pengguna. Artinya, ada kenaikan 100 juta MAU baru dalam periode empat bulan, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Kamis (27/4/2017).

Sebagai ilustrasi, Instagram membutuhkan waktu enam bulan untuk melompat dari 500 juta MAU ke 600 juta MAU. Pada periode yang lebih awal, Instagram menghabiskan sembilan bulan untuk menaikkan MAU dari 400 juta ke 500 juta.

Menilik jauh ke belakang pada masa awal Instagram dibentuk, layanan itu bahkan membutuhkan waktu tiga tahun untuk memperoleh 100 juta MAU, yakni dari 2010 hingga 2013.

CEO Facebook (Instagram kini bagian dari Facebook), Mark Zuckerberg sampai mengucapkan selamat secara khusus melalui akun Facebook-nya.

Pertumbuhan pengguna yang semakin laju digadang-gadang tak lepas dari gencarnya Instagram memperbarui layanannya. Fitur Instagram Stories yang menyontek Snapchat bisa dibilang sebagai salah satu yang mendorong penetrasi MAU.

Ini tentu merupakan kabar baik bagi Facebook selaku perusahaan induk. Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu digadang-gadang sebagai raksasa jejaring sosial dengan membentuk dinastinya sendiri.

Pasalnya, layanan inti Facebook sendiri sekarang sudah punya 1,9 miliar MAU. Lalu disusul Messenger dan WhatsApp yang masing-masing sekitar 1,2 miliar MAU. Instagram memang masih paling bawah namun tren pertumbuhannya memberikan harapan akan masa depan bisnis yang lebih cerah.

Baca: Jokowi Presiden dengan Follower Terbanyak Ke-4 di Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.