4 Sisi Layar Samsung Galaxy S Bakal Dibikin Melengkung?

Kompas.com - 27/04/2017, 11:50 WIB
Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy S8 dan S8+

KOMPAS.com - Samsung memulai tren layar melengkung di bagian sisi smartphone dengan merilis Galaxy Note Edge pada 2014 lalu. Kini, Samsung dikabarkan bersiap memulai tren baru dengan membuat smartphone melengkung di empat sisinya.

Menurut media Korea Selatan, Etnews, inovasi empat sisi layar yang melengkung itu akan diterapkan Samsung di smartphone Galaxy masa depan.

Jika Galaxy S8 memiliki dua sisi melengkung di bagian kanan dan kiri layar, maka bisa jadi smartphone Galaxy berikutnya memiliki sisi layar melengkung di sisi atas dan bawah. Jika terwujud, Samsung bisa menghilangkan bingkai (bezel) sama sekali.

Meski demikian, Samsung dikabarkan kesulitan mengembangkan layar dengan empat sisi yang melengkung. Kesulitan yang ditemui adalah dalam proses laminasi, yang melibatkan penggunaan film pelindung ke panel.

LG, vendor smartphone asal Korea Selatan lain, juga dikatakan sedang mengembangkan teknologi yang sama. LG pun dikabarkan menghadapi kesulitan yang sama pula.

Masalah lain yang dijumpai, jika merentangkan layar ke empat sisi secara melengkung, maka akan muncul dead zone, yakni bagian ujung layar yang tidak merespons saat disentuh.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan ini, seperti dikutip KompasTekno dari Slashgear, Kamis (27/4/2017), Samsung dan LG bekerja sama dalam mengatasi kendala-kendala di atas.

Jika Samsung berhasil mengatasi kendala dalam proses laminasi ini, maka teknologi layar melengkung di empat sisinya bisa saja dipamerkan awal tahun mendatang.

Namun setelah berhasil diatasi pun, Samsung belum pasti akan segera mengaplikasikannya ke smartphone-smartphone buatannya. Masih banyak pengujian yang harus dilakukan, juga uji pasar untuk melihat respons pengguna.

Baca: Tertarik Smartphone Lipat Samsung? Tunggu 2019



EditorDeliusno
SumberSlashGear

Close Ads X