Kompas.com - 27/04/2017, 14:17 WIB
Drone hasil gabungan DJI M600 Pro, gimbal Ronin-MX, dan kamera medium format 100 megapiksel Hasselblad H6D-100C. DJIDrone hasil gabungan DJI M600 Pro, gimbal Ronin-MX, dan kamera medium format 100 megapiksel Hasselblad H6D-100C.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Drone bikinan DJI seperti seri Phantom dibekali kamera berkemampuan mumpuni yang sanggup merekam video 4K. Tapi kualitasnya tentu masih kalah jauh dibandingkan kamera medium-format buatan Hassellblad.

Sebab itulah, kedua perusahaan tersebut bekerja sama menelurkan produkDJI M600 Pro, drone yang dipasangi kamera medium-format Hasselblad H6D-100C lewat gimbal Ronin-MX.

Kamera Hasselblad H6D-100C memiliki sensor CMOS beresolusi 100 megapiksel dan mampu menangkap rentang dinamik hingga 15 stop, sehigga diklaim bisa menampilkan detail maksimal, baik di area shadow maupun highlight.

Baca: Drone Penyembur Api Dipakai Bersihkan Sampah

Kamera yang bersangkutan juga memiliki kemampuan merekam video 4K dalam format RAW atau H.264 yang lebih kompatibel dengan program penyunting video.

M600 Pro sendiri merupakan drone dengan enam rotor yang anti-debu. Sistem navigasinya mengandalkan pemosisian secara tiga dimensi sehingga diklaim bisa ditempatkan di ruang udara secara akurat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (27/4/2017), sebenarnya tidak ada yang baru dari produk ini. Baik kamera, drone, maupun gimbal sama-sama sudah diumumkan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kisaran harga

Namun, DJI mengklaim drone hasil penggabungan ketiga komponen sebagai “platform aerial photography terintegrasi pertama di dunia dengan resolusi 100 megapiksel”.

Harga drone berkamera medium format 100 megapiksel besutan DJI dan Hasselblad belum diumumkan.

Secara terpisah, drone M600 Pro diketahui berharga 5.000 dollar AS (Rp 67 juta), gimbal Ronin MX 1.600 dollar AS (Rp 21 juta), dan kamera Hasselblad H6D-100C 33.000 dollar AS (Rp 439 juta) untuk bodinya saja tanpa lensa.

DJI diduga membeli sebagian saham Hasselblad pada Januari lalu. Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, kedua perusahaan sudah pernah menelurkan drone dengan kamera medium format Hasselblad A5D.

Baca: Makin Populer, Penjualan Drone Terus Menanjak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.