Coolpad Targetkan Jual Sejuta Smartphone di Indonesia

Kompas.com - 27/04/2017, 17:30 WIB
Coolpad Cool Dual                               KOMPAS.com/Oik YusufCoolpad Cool Dual
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Coolpad meluncurkan smartphone baru bernama Cool Dual yang mengandalkan fitur kamera ganda di bagian punggung. Pabrikan asal China itu juga berniat merilis produk lain dengan kamera selfie ganda dalam waku dekat.

Produk-produk tersebut diharapkan bisa mendongkrak penjualan smartphone Coolpad di pasaran Indonesia hingga mencapai 1 juta unit pada 2017.

CEO Coolpad Indonesia Jeeves Jiang mengatakan angka 1 juta unit itu mewakili pangsa pasar 2 persen dari keseluruhan volume pasar smartphone Indonesia pada 2017 yang sebesar 50 juta unit, menurut perkiraan pihak Coolpad.

Baca: Coolpad Janjikan Smartphone Selfie Dual Camera Rp 3 Jutaan

"Jadi, untuk sementara kami mengincar market share yang tidak terlalu besar," kata Jiang dalam sesi wawancara usai peluncuran Coolpad Cool Dual di Jakarta, Kamis (27/4/2017). Dia tidak merinci berapa unit penjualan smartphone Coolpad di Indonesia hingga saat ini.

Tak mau latah

Coolpad mengakui persaingan di pasaran smartphone Indonesia sekarang terbilang ketat. Sejumlah pabrikan lain seperti Oppo dan Vivo melancarkan taktik pemasaran yang agresif. Namun, CEO Coolpad Group Jeff Liu mengatakan pihaknya tak mau latah mengikuti taktik serupa.

"Coolpad adalah perusahaan yang mengandalkan inovasi teknologi. Toh pada akhirnya yang penting adalah kepuasan konsumen. Dengan ada banyak brand, konsumen juga jadi banyak pilihan," kata Jiang.

"Kami tidak memerangi brand lain, tapi diri sendiri. Kami berusaha untuk selalu lebih baik," imbuhnya.

Indonesia, menurut Jiang, adalah salah satu dari tiga pasar terpenting bagi Coolpad di luar China. Dua negara lainnnya adalah Amerika Serikat dan India. Masing-masing membutuhkan pendekatan berbeda.

"Di Indonesia, kami fokus di penjualan offline. Di India, gabungan penjualan offline dan online, lalu di Amerika Serikat fokus dengan rekanan operator. Masing-masing wilayah butuh pendekatan berbeda," pungkasnya.

Baca: Coolpad Resmi Rilis Cool Dual di Indonesia, Android Berkamera Ganda

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X