Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Android Coolpad Cool Dual Tak Punya Slot MicroSD

Kompas.com - 27/04/2017, 18:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Kamis (27/4/2017), Coolpad meluncurkan smartphone baru bernama Cool Dual. Produk ini menawarkan rangkaian fitur yang terbilang lengkap, termasuk unit kamera ganda 13 megapiksel dan pemindai sidik jari. Namun, ada satu fitur yang absen, yakni slot memori microSD untuk ekspansi media penyimpanan.

CEO Coolpad Group Jeff Liu menerangkan pihaknya memang sengaja tidak memasang slot microSD di Cool Dual. Lantaran merasa media penyimpanan eksternal itu kurang bisa diandalkan dan bisa membahayakan data pengguna.

"Saat anda memindahkan data di dalamnya, itu rawan hilang karena crash atau sebab lain. Terlebih lagi, kartu memori microSD yang beredar di pasaran kualitasnya berbeda-beda," ujar Liu dalam sesi wawancara usai peluncuran Cool Dual.

Sebagai gantinya, kata Liu, apabila membutuhkan ekspansi media penyimpanan, pengguna bisa memanfaatkan jasa cloud storage yang banyak tersedia dan bisa diakses melalui koneksi internet.

"Saya sendiri di rumah sudah mengandalkan network storage yang terhubung ke router Wi-Fi, jadi konten bisa dipindah-pindahkan dan diakses antar perangkat dengan mudah," ucapnya.

Coolpad sebenarnya memiliki varian lain dari Cool Dual dengan kapasitas media penyimpanan 64 GB dan RAM 4 GB. Namun, versi yang dipasarkan di Indonesia saat ini memiliki media penyimpanan 32 GB dan RAM 3 GB.

Spesifikasi lain dari Cool Dual mencakup prosesor octa-core Snapdragon 652, baterai 4.000 mAh, kamera depan 8 megapiksel, sistem operasi Android "Marshmallow", dan port USB type-C. Banderol harganya di Indonesia dipatok di angka Rp 3,2 juta.

Baca: Coolpad Resmi Rilis Cool Dual di Indonesia, Android Berkamera Ganda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com