Trump Bakal Temui Bos Pabrikan China Perakit iPhone

Kompas.com - 28/04/2017, 17:30 WIB
Presiden AS Donald Trump JIM WATSON/ AFPPresiden AS Donald Trump
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kerap mengkritik Apple karena mengandalkan rekanan pabrik di luar AS untuk memproduksi perangkat elektronik. Dalam hal ini, salah satu rekanan terbesar Apple adalah Foxconn yang berkantor pusat di Taiwan.

Meski demikian, Trump kini justru dikabarkan hendak menemui Presiden Direktur Foxconn, Terry Gou, dalam waktu dekat. Jika benar, pertemuan ini adalah yang pertama kalinya terjadi.

Kabarnya, pertemuan itu dimediasi oleh Presiden Direktur SoftBank Group, Masayoshi Son. Sebelumnya, pada Desember 2015, Son dan Trump telah bertemu di New York, AS.

Lantas, apa yang bakal dibahas Trump dengan bos Foxconn? Menurut selentingan rumor, Trump hendak membicarakan kemungkinan akuisisi unit bisnis chip memori NAND milik Toshiba.

Diketahui, Apple dan Foxconn adalah dua perusahaan yang paling gencar diisukan berminat mencaplok NAND. Pemerintah AS ingin memastikan akuisisi ke anak usaha Toshiba itu tak membahayakan keamanan nasional.

Pasalnya, unit bisnis NAND ada kaitannya dengan Westinghouse yang merupakan unit nuklir Amerika di bawah naungan Toshiba. Westinghouse memiliki teknologi reaktor berkelas militer.

Namun, lagi-lagi kabar ini belum dikonfirmasi oleh berbagai pihak yang terlibat. Sebelumnya, dikabarkan bahwa menantu Trump, Jared Kushner, sudah lebih dulu bertemu Gou pada Februari lalu.

Apakah Trump dan Foxconn akan membahas potensi bisnis Apple? Atau justru lebih fokus pada bursa akuisisi Toshiba? Belum ada yang bisa memastikan hingga pertemuan itu berlangsung.

Baca: Tinggalkan Android, Donald Trump Kini Pakai iPhone



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X