Inilah 5 Pabrikan Smartphone Terbesar di Dunia

Kompas.com - 01/05/2017, 19:16 WIB
Ilustrasi penggunaan ponsel pintar ThinkstockIlustrasi penggunaan ponsel pintar
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Angka pengapalan smartphone dunia mengalami pertumbuhan sebesar 4,3 persen atau lebih tinggi dari ekspektasi (3,6 persen) pada kuartal pertama 2017, menurut laporan terkini dari IDC.

Lembaga riset pasar tersebut mengatakan pertumbuhan tinggi itu didorong oleh meningkatnya pengapalan dari pabrikan-pabrikan asal China, yakni Huawei, Vivo, dan Oppo yang masing-masing mencatat pertumbuhan dua digit dibanding kuartal yang sama sebelumnya.

“Kuartal pertama menunjukkan bahwa industri smartphone belum mati dan masih terus tumbuh,” sebut program vice president IDC Worldwide Quarterly Mobile Device Trackers, Ryan Reith, dalam laporan yang dirilis IDC.

Pertumbuhan volume pengapalan smartphone Oppo bahkan nyaris mencapai 30 persen. Sementara itu, Samsung dan Apple, dua pabrikan yang bercokol di posisi teratas, relatif tidak mengalami perubahan signifikan.

IDC Tabel pengapalan lima pabrikan smartphone terbesar di dunia pada kuartal pertama 2017, menurut data IDC Quarterly Mobile Phone Tracker.

Samsung mempertahankan posisi sebagai pabrikan smartphone terbesar dengan angka pengapalan sebesar 79,2 juta unit dan market share 22,8 persen. Apple duduk di urutan kedua dengan shipment 51,6 juta unit dan pangsa pasar 14,9 persen.

Huawei, Oppo, dan Vivo secara berturut-turut menempati posisi ketiga, keempat, dan kelima dengan pangsa pasar gabungan mencapai lebih dari 22 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (1/5/2017).

IDC memperkirakan pengapalan smartphone di kuartal kedua 2017 akan kembali mencatat kenaikan dengan hadirnya perangkat-perangkat flagship baru, seperti duo Galaxy S8 dan Huawei P10.

Baca: 5 Pabrikan Smartphone Terbesar di Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X