Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dapat Izin Uji Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 02/05/2017, 09:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Seperti beberapa raksasa teknologi lain, Samsung turut mengembangkan teknologi mobil swa-kemudi alias mobil yang bisa menyetir sendiri tanpa sopir.

Belakangan, pabrikan gadget asal Negeri Ginseng itu dikabarkan sudah memperoleh izin uji coba dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan. Mobil swa-kemudi Samsung pun sudah mendapat lampu hijau untuk diujicoba di jalanan publik.  

Izin tersebut diberikan dalam rangka mempermudah regulasi mobil swa-kemudi untuk mendorong pertumbuhan industri.

“Mobil swa-kemudi menggunakan kolaborasi teknologi terkini dari sektor otomotif, artificial intelligence, serta komunikasi dan informasi,” sebut pihak kementerian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Korea Herald, Selasa (2/5/2017).

Informasi soal mobil tanpa sopir Samsung sebenarnya masih belum banyak diketahui hingga kini. Perusahaan itu hanya diduga menggunakan basis mobil komersil buatan Hyundai yang dipasangi serangkaian kamera dan sensor.

Samsung juga disinyalir bakal memakai modul-modul komputer yang menjalankan teknologi kecerdasan buatan dan deep learning untuk mendukung pengendalian otomatis di cuaca buruk sekalipun.

Samsung mengumumkan pengembangan teknologi mobil swa-kemudi pada 2015. Alih-alih membuat satu mobil utuh, tim pengembang lebih berfokus pada komponen-komponen yang diperlukan.

Selain Samsung, sejumlah raksasa teknologi lain seperti Google, Uber, dan Apple juga diketahui mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir masing-masing. Belum jelas siapa yang bakal lebih dulu siap menghadirkan produk di pasaran.

Baca: Mobil Tanpa Sopir Apple Terlihat Pertama Kali di Jalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com