Samsung Dapat Izin Uji Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 02/05/2017, 09:00 WIB
Logo Samsung Venture BeatLogo Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seperti beberapa raksasa teknologi lain, Samsung turut mengembangkan teknologi mobil swa-kemudi alias mobil yang bisa menyetir sendiri tanpa sopir.

Belakangan, pabrikan gadget asal Negeri Ginseng itu dikabarkan sudah memperoleh izin uji coba dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan. Mobil swa-kemudi Samsung pun sudah mendapat lampu hijau untuk diujicoba di jalanan publik.  

Izin tersebut diberikan dalam rangka mempermudah regulasi mobil swa-kemudi untuk mendorong pertumbuhan industri.

“Mobil swa-kemudi menggunakan kolaborasi teknologi terkini dari sektor otomotif, artificial intelligence, serta komunikasi dan informasi,” sebut pihak kementerian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Korea Herald, Selasa (2/5/2017).

Informasi soal mobil tanpa sopir Samsung sebenarnya masih belum banyak diketahui hingga kini. Perusahaan itu hanya diduga menggunakan basis mobil komersil buatan Hyundai yang dipasangi serangkaian kamera dan sensor.

Samsung juga disinyalir bakal memakai modul-modul komputer yang menjalankan teknologi kecerdasan buatan dan deep learning untuk mendukung pengendalian otomatis di cuaca buruk sekalipun.

Samsung mengumumkan pengembangan teknologi mobil swa-kemudi pada 2015. Alih-alih membuat satu mobil utuh, tim pengembang lebih berfokus pada komponen-komponen yang diperlukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Samsung, sejumlah raksasa teknologi lain seperti Google, Uber, dan Apple juga diketahui mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir masing-masing. Belum jelas siapa yang bakal lebih dulu siap menghadirkan produk di pasaran.

Baca: Mobil Tanpa Sopir Apple Terlihat Pertama Kali di Jalanan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.