Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Turbulensi Pesawat Rusia Jadi Viral, Penumpang Patah Tulang

Kompas.com - 02/05/2017, 09:51 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com - Pada Senin (1/5/2017) lalu, pesawat Boeing 777 milik maskapai Rusia Aeroflot mengalami guncangan (turbulence) parah di udara. Akibat dari kejadian itu, sebanyak 30 penumpang pesawat tujuan Bangkok tersebut dilaporkan terluka.

Video kondisi kabin pesawat yang berantakan akibat diguncang turbulence pun beredar di media sosial. Salah satu penumpang mengunggah video tersebut di akun Instagram miliknya.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @krlrgstk tersebut menunjukkan beberapa orang yang terluka tampak bergelimpangan di lantai lorong kabin. Nampak juga bercak darah yang terdapat di overhead bin (tempat penyimpanan bagasi di dalam kabin).

Baca: Video Jeritan Saat Turbulensi Beredar di YouTube

"Darah ada di mana-mana, banyak yang patah tulang, hidung, luka terbuka, bayi yang terluka di bagian kepala," ujar Rostik Rusev si pemilik akun Instagram.

Hingga berita ini ditayangkan, video tersebut sudah ditonton sebanyak 20.000-an kali.

Bercak darah di overhead bin kabin pesawat AeroflotIst Bercak darah di overhead bin kabin pesawat Aeroflot

Aeroflot penerbangan SU270 rute Moskow-Bangkok tersebut menurut otoritas penerbangan Thailand, mengangkut 318 penumpang dan 14 kru. Turbulensi terjadi saat pesawat berada di atas wilayah Myanmar.

Baca: Turbulensi Pesawat Etihad Begitu Hebat, Mengapa Bisa Terjadi?

Dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip KompasTekno dari Airways mag, Selasa (2/5/2017), otoritas penerbangan Bangkok mengatakan setidaknya ada 30 orang yang terluka. Sebanyak 27 di antaranya dilarikan ke rumah sakit begitu mendarat di bandara Bangkok.

Kemungkinan, korban yang terluka serius tidak menggunakan sabuk pengaman saat turbulensi terjadi. Hal ini memberi pelajaran bagi kita, hendaklah selalu mengenakan dan mengencangkan sabuk pengaman selama di dalam pesawat.

Video suasana kabin B777 Aeroflot saat turbulence bisa dilihat di akun Instagram Rusev di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com