Asisten Digital Siri Selamatkan 3 Pria dari Jeratan Maut

Kompas.com - 02/05/2017, 12:03 WIB
Siri selamatkan tiga nyawa di Florida, AS. MashableSiri selamatkan tiga nyawa di Florida, AS.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tiga pria di Florida, AS, selamat dari maut berkat asisten digital Siri buatan Apple. Cerita bermula saat ketiganya memutuskan untuk memancing ikan di pantai Key Biscayne pada Sabtu pagi, pekan lalu.

Semua berjalan lancar hingga kemudian kapal 18 kaki yang mereka gunakan mulai kemasukan air laut. Tiga pria itu cepat-cepat mengambil jaket pelampung dan berupaya menghubungi 911 sebelum kapal tenggelam.

Cuaca sedang dingin-dinginnya kala itu. Jari-jari mereka pun sedikit basah dan membeku sehingga sulit menekan touchscreen pada smartphone untuk menelpon, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (2/5/2017).

Ketiga pria sejatinya menggunakan iPhone 7 yang memiliki fitur anti-air alias waterproof. Namun, dalam kondisi tangan basah, mereka ternyata tak bisa meyentuh touchscreen iPhone 7.

Seorang pria kemudian ingat bahwa iPhone 7 memiliki Siri yang bisa diajak mengobrol dan diperintahkan tanpa harus memencet touchscreen. Sang pria pun meminta Siri untuk menghubungi 911.

Siri melakukannya dan mereka terhubung dengan 911. Seorang tim pengamanan di sekitar pantai akhirnya menghampiri tiga pria yang hampir tengelam. Tak lama kemudian, tim kepolisian yang lebih banyak menyusul untuk melakukan evakuasi.

"Mereka tak bisa menyentuh layar karena jari mereka basah dan kedinginan. Mereka menggunakan Siri untuk menelpon 911," kata Sersan James Barrett yang merupakan perwakilan dari tim penyelamat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya kemampuan Siri melakukan panggilan tanpa pengguna menyentuh ponsel bukanlah hal luar biasa. Asisten digital lain pun memungkinkan hal tersebut.

Baca: Balita Selamatkan Nyawa Ibu Pakai Siri di iPhone

Hanya saja, di kondisi seperti yang dialami tiga pria di Florida, hal sederhana itu berkontribusi terhadap keselamatan tiga nyawa orang. Alasan kapan kemasukan air masih bakal diinvestigasi lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.