Microsoft Rilis Windows 10 S, Pesaing Chrome OS untuk Anak Sekolah

Kompas.com - 03/05/2017, 07:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tablet iPad dan laptop Chrome OS populer di sekolah-sekolah di Negara Paman Sam lantaran lebih simple dan tidak merepotkan dibanding laptop konvensional.

Microsoft tidak tinggal diam, raksasa software tersebut baru saja memperkenalkan sebuah sistem operasi baru yang ditujukan sebagai pesaing Chrome OS di ruang kelas, Windows 10 S.

Bedanya dengan versi Windows 10 lain, Windows 10 S memiliki antarmuka yang disederhanakan serta dirancang supaya lebih aman, cepat, dan hemat baterai.

Dibanding dengan Chrome OS, Windows 10 S lebih unggul dalam hal sudah mendukung layar touchscreen, stylus, juga game Minecraft yang populer di kalangan murid sekolah.

Tapi ada "harga" yang mesti dibayar oleh pengguna. Seperti yang dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (3/5/2017), pengguna Windows 10 S hanya bisa memasang aplikasi yang diperoleh dari toko Windows Store saja.

Alasannya, aplikasi-aplikasi di Windows Store sudah diuji dan dipastikan benar-benar aman oleh Microsoft. Inilah salah satu perbedaan besar antara Windows 10 S dan dua versi Windows 10 lainnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Pro.

Windows 10 S dijadwalkan mulai tersedia sekitar pertengahan tahun ini lewat perangkat-perangkat laptop murah bikinan partner Microsoft seperti Acer, Asus, Samsung, dan Toshiba.

Harga perangkat-perangkat itu bisa serendah kisaran 189 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 juta. Tidak dijelaskan apa kepanjangan dari huruf “S” di akhiran nama sistem operasi anyar itu.

Baca: Game Solitaire Tercipta dari Kebosanan Anak Magang Microsoft

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.