Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Windows 10 S, Pesaing Chrome OS untuk Anak Sekolah

Kompas.com - 03/05/2017, 07:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Tablet iPad dan laptop Chrome OS populer di sekolah-sekolah di Negara Paman Sam lantaran lebih simple dan tidak merepotkan dibanding laptop konvensional.

Microsoft tidak tinggal diam, raksasa software tersebut baru saja memperkenalkan sebuah sistem operasi baru yang ditujukan sebagai pesaing Chrome OS di ruang kelas, Windows 10 S.

Bedanya dengan versi Windows 10 lain, Windows 10 S memiliki antarmuka yang disederhanakan serta dirancang supaya lebih aman, cepat, dan hemat baterai.

Dibanding dengan Chrome OS, Windows 10 S lebih unggul dalam hal sudah mendukung layar touchscreen, stylus, juga game Minecraft yang populer di kalangan murid sekolah.

Tapi ada "harga" yang mesti dibayar oleh pengguna. Seperti yang dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (3/5/2017), pengguna Windows 10 S hanya bisa memasang aplikasi yang diperoleh dari toko Windows Store saja.

Alasannya, aplikasi-aplikasi di Windows Store sudah diuji dan dipastikan benar-benar aman oleh Microsoft. Inilah salah satu perbedaan besar antara Windows 10 S dan dua versi Windows 10 lainnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Pro.

Windows 10 S dijadwalkan mulai tersedia sekitar pertengahan tahun ini lewat perangkat-perangkat laptop murah bikinan partner Microsoft seperti Acer, Asus, Samsung, dan Toshiba.

Harga perangkat-perangkat itu bisa serendah kisaran 189 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 juta. Tidak dijelaskan apa kepanjangan dari huruf “S” di akhiran nama sistem operasi anyar itu.

Baca: Game Solitaire Tercipta dari Kebosanan Anak Magang Microsoft

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com