Penjualan iPhone Turun, Pendapatan Apple Tetap Meningkat

Kompas.com - 03/05/2017, 16:24 WIB
CEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus. GETTY IMAGES / AFP PHOTO / JUSTIN SULLIVANCEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple melaporkan peningkatan pendapatan pada kuartal kedua 2017 yang berakhir per 1 April lalu. Pabrikan Cupertino itu menghimpun 52,9 miliar dollar AS atau setara Rp 705 triliun.

Angka itu naik dari pendapatan 50,6 miliar dollar AS (Rp 674 triliun) pada periode yang sama tahun 2016. Bersamaan dengan itu, Apple juga mengumumkan pengembalian dana senilai 10 miliar dollar AS atau kira-kira Rp 133 triliun ke para investor.

"Kami bangga melaporkan hasil kuartal Maret yang kuat, dengan pertumbuhan pendapatan yang cepat dari kuartal Desember. Permintaan untuk iPhone 7 Plus juga terus meningkat," kata CEO Apple, Tim Cook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (3/5/2017), dari newsroom Apple.

Meski demikian, perlu dicatat bahwa penjualan unit iPhone pada kuartal ini hanya 50,8 juta unit. Angka itu lebih rendah dari penjualan iPhone pada periode yang sama tahun lalu, yakni 51,2 juta unit.

Selain itu, angka 50,8 juta unit juga lebih sedikit ketimbang prediksi para analis yang mematok angka penjualan iPhone kuartal kedua 2017 mencapai 52 juta unit.

Menurut Cook, terjadi perlambatan kebiasaan masyarakat dalam membeli iPhone. Bisa jadi mereka menanti-nanti iPhone keluaran September mendatang.

Pasalnya, iPhone 2017 menandai 10 tahun usia ponsel buatan Apple. Sudah banyak kabar tentang lini tersebut, antara lain sekujur tubuhnya berbalut kaca dan layarnya menggunakan AMOLED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

iPhone tahun ini memang digadang-gadang bakal spesial dan serta-merta berbeda dari iPhone yang sudah-sudah. Cook sendiri belum secara eksplisit mengonfirmasi berbagai gosip yang berseliweran.

Intinya, dari laporan kuartal ini, bisa disimpulkan bahwa Apple menghimpun pendapatan lebih besar namun unit iPhone terjual lebih sedikit. Mungkin saja Apple mengambil margin lebih banyak pada penjualan iPhone 7 dan 7 Plus yang dirilis pada September lalu.

Baca: Baterai iPhone Bakal Bisa Diisi Ulang Lewat Wi-Fi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.