Go-Jek Dikabarkan Dapat Dana Rp 16 Triliun dari Raksasa Internet China

Kompas.com - 04/05/2017, 14:50 WIB
Kantor Go-Jek Indonesia Reska K. Nistanto/KOMPAS.comKantor Go-Jek Indonesia

KOMPAS.com - Layanan ride-sharing Go-jek dikabarkan menerima pendanaan baru senilai 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16 triliun. Menurut sumber dalam, pendanaan itu dipimpin oleh raksasa internet asal China, Tencent.

Berkat pendanaan ini, valuasi Go-Jek disebut-sebut naik hingga 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (4/5/2017) dari TechCrunch.

Dua sumber yang familiar dengan hal ini mengatakan penandatanganan antara Go-Jek dan jejeran investor yang dipimpin Tencent terjadi pada pekan lalu.

Baca: Dikabarkan Dapat Dana Rp 16 Triliun, Nilai Go-Jek Ditaksir Capai Rp 40 Triliun

Namun, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Go-Jek. Diprediksikan layanan yang didirikan Nadiem Makarim itu bakal mengumumkan berita baik ini dalam waktu dekat.

Sebelumnya, pada Agustus 2016, Go-Jek menerima pendanaan senilai 550 juta dollar AS atau Rp 7,3 triliun dari investor kolektif.

Beberapa di antaranya adalah investor lama alias existing, yakni Sequoia India, Northstar Group, DST Global, NSI Ventures, Rakuten Ventures dan Formation Group. Sementara itu sisanya adalah investor baru, yakni KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital and Capital Group Private Markets.

Jika benar Tencent memimpin pendanaan Go-Jek kali ini, maka Tencent bisa dibilang sebagai investor baru untuk layanan yang menjadi kompetitor besar Grab dan Uber di Indonesia. Belum dijabarkan nama-nama perusahaan lain yang turut menggelontorkan dana segar untuk Go-Jek di awal tahun ini. 

Diketahui, Go-Jek sekarang memiliki lebih dari dari 200.000 rekan pengemudi untuk melayani kebutuhan transportasi online masyarakat modern di 25 kota. Sejauh ini, Go-Jek agaknya masih fokus menggarap pasar Indonesia.

Baca: Poin-poin Keberatan dan Kesepakatan Go-Jek, Grab, dan Uber soal Aturan Taksi Online

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber TechCrunch
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X