Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikabarkan Dapat Dana Rp 16 Triliun, Nilai Go-Jek Ditaksir Capai Rp 40 Triliun

Kompas.com - 04/05/2017, 15:13 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Penyedia layanan transportasi online Go-jek dikabarkan mendapatkan guyuran dana segar dari investor China Tencent.

Nilai investasi yang dikumpulkan dalam sesi pendanaan tersebut diduga mencapai kisaran 1,2 miliar dollar AS atau hampir Rp 16 triliun. Dengan tambahan dana dari Tencent ini, maka valuasi Go-jek kini ditaksir mencapai 3 miliar dollar AS, atau hampir Rp 40 triliun.

Angka tersebut sudah lebih dari berlipat dua semenjak sesi pendanaan sebelumnya. Pada Agustus 2016 lalu, Gojek diketahui mengumpulkan dana 550 juta dollar AS dengan total nilai valuasi 1,3 miliar dollar AS.

Pihak Go-Jek sendiri belum memberikan pernyataan resminya soal kabar pendanaan dari Tencent ini.

Baca: Go-Jek Dikabarkan Dapat Dana Rp 16 Triliun dari Raksasa Internet China

Selain Tencent, tak jelas siapa saja investor yang menanam modal di funding round terbaru Go-jek, namun mereka disinyalir merupakan para backers lama yang sebelumnya sudah pernah berinvestasi di Go-jek.

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (4/5/2017) menyebutkan bahwa Alibaba sebelumnya sempat berusaha mendekati Go-jek lewat bisnis spin-out bernama Ant Financial, namun tidak berhasil.

Tencent adalah rival berat Alibaba yang juga berasal dari Negeri Tirai Bambu. Keduanya jarang menanam modal di tempat yang sama, meski diketahui sama-sama mempunyai kepemilikan di Didi Chuxing.

Saat ini, Go-jek mengklaim memiliki lebih dari 200.000 pengemudi yang tersebar di 25 kota di Indonesia, di mana perusahaan tersebut bersaing keras dengan rival-rivalnya, yakni Grab dan Uber.

September lalu, Grab mendapatkan suntikan modal 750 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,8 triliun. Kabarnya, layanan transportasi online yang berbasis di Singapura ini sedang menyiapkan funding round baru dengan target pendaan sebesar 1,5 miliar dollar AS.

Baca: GoJek Akui Kehabisan Uang gara-gara Tarif Murah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com