Kompas.com - 05/05/2017, 09:47 WIB
iPhone 7 dan 6S tampak belakang terlihat memiliki perbedaan pada garis antena. Ars TechnicaiPhone 7 dan 6S tampak belakang terlihat memiliki perbedaan pada garis antena.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa banderol iPhone cenderung lebih mahal di luar Amerika Serikat. Di beberapa negara, selisih banderol ponsel pintar tersebut bahkan bisa sangat tinggi.

Seperti misalnya di Turki, di mana iPhone 7 128 GB dijual dengan harga setara 1.210 dollar AS atau lebih dari Rp 16 juta, menurut data pantauan pasar dari Deutsche Bank Market Research.  Padahal, di Negeri Paman Sam, model yang sama dihargai 815 dollar AS atau tak sampai Rp 11 juta.

Mengapa harga iPhone 7 bisa begitu mahal di Turki? Ada beberapa faktor seperti ketidakstabilan kondisi politik serta mata uang dollar AS yang menguat terhadap mata uang lain di dunia, khususnya mata uang Lira di Turki.

Turki pun didaulat menjadi negara tempat iPhone termahal di dunia, menggeser posisi Brazil yang sebelumnya memegang predikat tersebut.

iPhone 7 128 GB di Brazil terpantau dibanderol seharga 1.115 dollar AS (Rp 14,9 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (5/5/2017).

Setelahnya berturut-turut menyusul Rusia dengan 1.086 dollar  AS (Rp 13,4 juta), Yunani dengan 1.028 dollar AS (Rp 13,7 juta), dan Polandia dengan 1.005 dollar AS (Rp 13,4 juta).

Di Indonesia sendiri, iPhone 7 128 GB dijual dengan harga 13,7 juta. Tidak diketahui mengapa harga iPhone di Tanah Air tidak dimasukkan ke daftar tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau sedang berlibur di Turki, Brazil, Rusia, atau Yunani, cobalah menghindari Apple Store karena harga iPhone di sana lebih mahal 25-50 persen dibanding AS,” sebut Deutsche Bank.

Berkebalikan dari negara-negara di atas, Hong Kong, Malaysia, dan Kanada tercatat sebagai wilayah tempat iPhone 7 termurah di luar AS dengan selisih harga 0-4 persen.

Laporan Deutshce Bank selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut. Selain iPhone, ada juga berbagai data menarik seperti Jakarta yang menduduki urutan paling buncit dalam hal gaji bulanan rata-rata warganya, dibandingkan 46 kota lain.

Baca: Ini Dia, Pemilik Pertama iPhone 7 Resmi di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.