Kalahkan Intel, Samsung Diprediksi Jadi Pabrikan Chip Terbesar

Kompas.com - 05/05/2017, 10:56 WIB
Ilustrasi chip Samsung Exynos 7 Samsung TomorrowIlustrasi chip Samsung Exynos 7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Intel selama ini menyandang predikat sebagai pabrikan chip terbesar di dunia dari segi pendapatan sejak 1993. Prestasi itu didorong oleh penjualan prosesor 386 dan 486 yang membuatnya berhasil melewati produsen Jepang macam NEC dan Toshiba.

Namun, firma riset pasar IC Insight memproyeksikan bahwa Samsung bakal menyalip posisi Intel dalam waktu dekat.

Pendapatan bisnis chip Samsung didorong oleh meningkatnya pasar DRAM dan memori flash NAND yang masing-masing diprediksi tumbuh 39 persen dan 25 persen pada 2017.

Samsung pun diperkirakan akan merup pendapatan senilai 14,9 miliar dollar AS dari bisnis chip di kuartal kedua 2017, sementara Intel sebesar 14,4 miliar dollar AS.

Pendapatan Samsung pada kuartal pertama tahun ini tercatat sudah meningkat sebesar 40 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (5/5/2017).

IC Insights Grafik proyeksi nilai penjualan chip Samsung dan Intel pada kuartal kedua 2017, berdasarkan data IC Insights.

DRAM bikinan Samsung dipakai oleh banyak vendor smartphone di seluruh dunia, sementara chip flash memory NAND buatannya tertanam di media-media penyimpanan SSD yang popularitasnya semakin menanjak.

Selain chip memori, Samsung juga mencatat penjualan tinggi untuk chip jenis lain seperti SoC 14nm, sensor gambar, dan berbagai chip lainnya yang dipakai di produk smartphone.

Teknologi fabrikasi 10nm diperkirakan akan kembali menumbuhkan bisnis Samsung yang juga merupakan rekanan manufaktur untuk chip Apple A series yang dipakai di gadget iPhone dan iPad.

Baca: Setelah 20 Tahun, Gelaran Intel Developer Forum Akhirnya Dihentikan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X