Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 7 Rekondisi Selangkah Lagi Dijual

Kompas.com - 07/05/2017, 09:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung tak ingin Galaxy Note 7 mati begitu saja. Setelah terjadinya kasus baterai yang rentan terbakar sendiri, Galaxy Note 7 bakal dilahirkan kembali dalam edisi refurbished.

Kabar terbaru menyatakan bahwa Galaxy Note 7 edisi refurbished telah mendapat restu dari Federal Communications Commision (FCC). Artinya, keamanan perangkat rekondisi itu sudah diyakini aman.

Restu dari FCC juga dapat diartikan, selangkah lagi  Galaxy Note 7 versi rekondisi akan dijual oleh Samsung.

Baca: Samsung Jual Murah Galaxy Note 7 yang Direkondisi?

Istilah refurbished sendiri mengacu pada produk elektronik yang telah diperbaiki semua kerusakannya oleh produsen resmi. Produk ini sebelumnya dikembalikan dengan berbagai alasan, bisa karena cacat, rusak, atau penarikan ulang.

Pada kasus Galaxy Note 7 ini, Samsung memang melakukan penarikan secara global semua perangkat sebagai respons terhadap masalah rentannya baterai perangkat. Smartphone yang dikembalikan itu tentu tak seluruhnya dalam keadaan rusak atau cacat. 

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (7/5/2017), perangkat-perangkat yang dikembalikan itulah yang kemudian diperbaiki dan akan dijual kembali oleh Samsung.

Samsung mengonfirmasi rencananya meluncurkan smartphone itu di negara tertentu dalam beberapa pekan mendatang. Negara pertama yang bakal mendapatkan Samsung Galaxy Note 7R adalah Korea Selatan.

Namun Samsung memastikan bahwa perangkat refurbished itu tidak akan dijual di Amerika Serikat (AS).

Total ada tiga varian Galaxy Note 7R yang telah dizinkan beredar oleh FCC. Varian tersebut memiliki nomor model SM-N935S, SM-N935K, dan SM-N935L.

Ketiga model rekondisi ini memiliki satu perbedaan dibandingkan dengan model pendahulunya, yakni ukuran baterai lebih kecil. Galaxy Note 7R dibekali baterai 3.200 mAh, sedangkan pendahulunya 3.500 mAh.

Perubahan ukuran baterai tersebut demi menjaga keamanan pengguna dan memastikan tidak akan terjadi masalah lagi. Selain baterai, Samsung Galaxy Note 7R dibekali spesifikasi serupa dengan Galaxy Note 7 pendahulunya.

Baca: Galaxy Note 7 Rekondisi Mulai Dijual Juni?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com