Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Pintar Apple Kalahkan Fitbit dan Xiaomi

Kompas.com - 08/05/2017, 14:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple menjadi vendor smartwatch terbesar pada kuartal pertama 2017. Selama tiga bulan berturut-turut, dari Januari hingga Maret 2017, Apple menjual 3,5 juta lini Watch-nya.

Angka itu meningkat signifikan dari yang sebelumnya cuma 2,2 juta unit pada kuartal pertama 2016, sebagaimana dilaporkan MacRumors dan dihimpun KompasTekno, Senin (8/5/2017).

Penetrasi Apple Watch sebesar 15,9 persen dalam tiga bulan. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Apple di industri smartwatch cuma 12,1 persen.

Di bawah Apple, bertengger Xiaomi sebagai vendor wearable terbesar kedua. Pada kuartal ini, Xiaomi menjual 3,4 juta unit peranti wearable (termasuk Mi Band) dengan pangsa pasar 15,5 persen.

Penjualan tersebut sejatinya mengalami penurunan. Pada kuartal pertama 2016, Xiaomi menjual lebih banyak wearable,  yakni mencapai 3,8 juta unit dengan pangsa pasar 20,9 persen.

Posisi nomor tiga diduduki Fitbit yang sebelumnya merupakan vendor wearable terbesar di dunia. Kali ini Fitbit harus dilengserkan Apple sebab penjualan wearable-nya turun drastis.

Fitbit hanya mampu mengapalkan 3 juta unit wearable selama tiga bulan terakhir. Padahal, di periode yang sama 2016 lalu, Fitibit unggul dengan penjualan 4,5 juta unit wearable.

Pangsa pasar Fitbit menurun dari yang tadinya 24,7 persen menjadi 13,2 persen. Menurut Director Strategy Analytics, Cliff Raskind, hal ini disebabkan turunnya minat pasar ke wearable fitness yang selama ini menjadi keunggulan Fitbit.

“Masyarakat beralih minat ke smartwatch sesungguhnya, bukan fitnessband. Pengapalan, pendapatan, dan keuntungan Fitibit tenggelam. Perusahaan itu harus berupaya lebih keras untuk memperbaiki kondisinya tahun ini,” kata dia.

Baca: Mi Band Jadikan Xiaomi Nomor 2 Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com