Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Pintar Apple Kalahkan Fitbit dan Xiaomi

Kompas.com - 08/05/2017, 14:32 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple menjadi vendor smartwatch terbesar pada kuartal pertama 2017. Selama tiga bulan berturut-turut, dari Januari hingga Maret 2017, Apple menjual 3,5 juta lini Watch-nya.

Angka itu meningkat signifikan dari yang sebelumnya cuma 2,2 juta unit pada kuartal pertama 2016, sebagaimana dilaporkan MacRumors dan dihimpun KompasTekno, Senin (8/5/2017).

Penetrasi Apple Watch sebesar 15,9 persen dalam tiga bulan. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Apple di industri smartwatch cuma 12,1 persen.

Di bawah Apple, bertengger Xiaomi sebagai vendor wearable terbesar kedua. Pada kuartal ini, Xiaomi menjual 3,4 juta unit peranti wearable (termasuk Mi Band) dengan pangsa pasar 15,5 persen.

Penjualan tersebut sejatinya mengalami penurunan. Pada kuartal pertama 2016, Xiaomi menjual lebih banyak wearable,  yakni mencapai 3,8 juta unit dengan pangsa pasar 20,9 persen.

Posisi nomor tiga diduduki Fitbit yang sebelumnya merupakan vendor wearable terbesar di dunia. Kali ini Fitbit harus dilengserkan Apple sebab penjualan wearable-nya turun drastis.

Fitbit hanya mampu mengapalkan 3 juta unit wearable selama tiga bulan terakhir. Padahal, di periode yang sama 2016 lalu, Fitibit unggul dengan penjualan 4,5 juta unit wearable.

Pangsa pasar Fitbit menurun dari yang tadinya 24,7 persen menjadi 13,2 persen. Menurut Director Strategy Analytics, Cliff Raskind, hal ini disebabkan turunnya minat pasar ke wearable fitness yang selama ini menjadi keunggulan Fitbit.

“Masyarakat beralih minat ke smartwatch sesungguhnya, bukan fitnessband. Pengapalan, pendapatan, dan keuntungan Fitibit tenggelam. Perusahaan itu harus berupaya lebih keras untuk memperbaiki kondisinya tahun ini,” kata dia.

Baca: Mi Band Jadikan Xiaomi Nomor 2 Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.