Halaman Google Play Store Kosong di Android? Mungkin Ini Sebabnya

Kompas.com - 09/05/2017, 15:09 WIB
Ilustrasi Google Play Store Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comIlustrasi Google Play Store
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa ada yang aneh dari Google Now atau Google Play Store? Jika ya, Anda tak sendiri. Beberapa pengguna ponsel Android melaporkan hal serupa melalui forum online Reddit dan Google Play Help.

Agaknya Google sedang melakukan pengujian fitur baru atau upgrade yang berimbas eror pada dua layanannya itu yang tak bisa dipakai. Pengujian fitur baru sebelum dirilis resmi ini kerap disebut “server-side test”.

Hanya sebagian kecil pengguna yang dijadikan sampel untuk server-side test. Karenanya, yang merasakan Google Now dan Google Play Store tak berfungsi sebagaimana mestinya pun tak banyak.

Sejatinya, orang-orang yang diberikan kesempatan pertama menjajal fitur baru atau upgrade dari Google bisa dibilang beruntung. Namun jika ada risiko seperti yang terjadi sekarang, mereka pula yang harus merasakannya.

Adapun eror pada Google Play Store berbentuk homepage yang kosong alias blank, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (9/5/2017).

Pengguna tetap bisa mencari aplikasi melalui search bar, menginstal, maupun memperbarui aplikasi tertentu. Hanya saja, tampilan depan yang semestinya ramai akan tampak kosong dan bagi sebagian orang tentu menyebalkan.

Sementara itu, pada Google Now, eror lebih serius. Layanan itu benar-benar tak berfungsi, di mana informasi yang diberikan tak sesuai dengan yang semestinya.

Beberapa pengguna mengatakan telah menemukan solusi untuk eror tersebut. Mereka harus menghapus data pada Google Search dan menghapus pembaruan Google Now untuk kemudian di-install lagi.

Google sendiri belum angkat bicara soal eror pada layanannya yang menimpa beberapa pengguna. Untuk melihat forum dari para pengguna, Anda bisa membuka tautan ini dan ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X