Tahun Ini, Baterai Ponsel Snapdragon Penuh dalam 30 Menit?

Kompas.com - 09/05/2017, 16:49 WIB
Quick Charge 3 mampu menyesuaikan voltase yang bisa ditampung baterai sebuah ponsel. Oik Yusuf/KOMPAS.comQuick Charge 3 mampu menyesuaikan voltase yang bisa ditampung baterai sebuah ponsel.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Qualcomm memiliki teknologi pengisian baterai cepat bernama Quick Charge. Teknologi ini mulai diimplementasikan dalam ponsel-ponsel dengan chip Snapdragon besutannya sejak 2013 lalu.

Di 2016, Qualcomm mengumumkan teknologi Quick Charge generasi ke-4 yang rencananya bakal tertanam di chip high-end Snapdragon 835. Teknologi ini diklaim bisa mengisi daya baterai smartphone hingga 50 persen dalam waktu hanya 15 menit. Artinya, dalam setengah jam (30 menit) baterai ponsel sudah terisi penuh.

Tetapi kemudian, rencana ini tertunda dan tak muncul di sejumlah perangkat Snapdragon 835 yang sudah beredar seperti Galaxy S8 (versi Amerika Serikat).

Belakangan, muncul kabar bahwa Qualcomm bakal meresmikan kehadiran Quick Charge 4 sekitar pertengahan tahun ini. Tak dijelaskan ponsel mana saja yang bakal mendukung Quick Charge 4.

Qualcomm hanya mengklaim bahwa sudah ada sebanyak 600 juta perangkat yang menggunakan teknologi pengisian baterai cepat sebelumnya, Quick Charge 2 dan 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (9/5/2017).

Quick Charge 4 diklaim bisa mengisi baterai 20 persen lebih cepat dibanding Quick Charge 3 yang banyak dipakai oleh perangkat-perangkat flagship tahun lalu dari Sony, LG, HTC, dan Motorola.

Qualcomm mengatakan Quick Charge 4 yang memberikan pengisian baterai selama 5 menit sudah cukup untuk menyediakan talktime selama 5 jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Klaim-klaim di atas dengan asumsi ponsel memiliki kapasitas baterai 2.750 mAh. Ponsel-ponsel masa kini sudah mulai menggunakan baterai lebih tinggi dengan kapasitas 3.000 mAh ke atas.

Quick Charge 4 didesain untuk menyalurkan daya lewat port USB type-C yang memang mampu mengalirkan listrik lebih besar ke ponsel.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.