Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton YouTube Gratis Pakai XL Sambil Menunggu Sahur

Kompas.com - 10/05/2017, 07:44 WIB
Deliusno

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Menyambut masa Ramadhan 2017, operator seluler XL Axiata merilis dua program khusus. Layanan tersebut adalah "YouTube Tanpa Kuota" dan kartu perdana "Super Ngobrol" dengan kemampuan tambahan. Seperti apa?
 
Program "YouTube Tanpa Kuota" sendiri ditujukan bagi pengguna yang memiliki smartphone yang baru dibeli atau digunakan, dan berlaku dari pukul 00.00 hingga 06.00.

Karena berlaku dari pukul 00.00 ke atas, maka paket ini bisa dipakai YouTube-an oleh pengguna XL sembari menunggu makan sahur. Paket ini pun tetap bisa dinikmati setelah masa Ramadhan usai.
 
"Pengguna smartphone baru akan mendapatkan YouTube tanpa kuota secara gratis selama satu tahun," kata David Arcellus Oses, Chief Prepaid Business Officer XL Axiata, dalam acara Media Gathering 2017 di Bali, Senin (8/5/2017).
 
Cara untuk mendapatkan program ini sangat mudah. Pengguna smartphone baru hanya perlu mengakses menu *123# dari ponsel. Apabila pengguna benar-benar menggunakan perangkat baru, menu YouTube tanpa kuota tersebut akan muncul.

Baca: Internet XL Diprediksi Tembus 4.000 TB Saat Mudik dan Lebaran 2017
 

Deliusno/KOMPAS.com Ki-ka : Chief Prepaid Business Officer XL Axiata, David Arcellus Oses, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Chief Commerce Officer XL Axiata, Allan Bonke
Menurut penjelasan pihak XL, sistem nantinya akan mengenali IMEI dari perangkat. Apabila sistem mendeteksi bahwa IMEI tersebut belum pernah terhubung ke sistem XL, maka menu tersebut akan muncul.
 
Sebaliknya, jika IMEI sudah terdaftar, menu tidak akan ditampilkan.
 
Nomor XL yang digunakan pun akan pairing dengan IMEI. Itu artinya, apabila pengguna menggunakan perangkat lain, YouTube tanpa kuota tersebut tidak akan bisa digunakan. Program akan kembali berjalan, jika kartu XL kembali dipakai di perangkat sebelumnya.
 
Pelanggan dapat menikmati penawaran ini mulai 12 Mei 2017 di berbagai toko yang menjual smartphone dan kartu perdana XL.

Program ini juga berlaku di nomor lama yang dipasangkan ke smartphone baru.
 
Kartu Super Ngobrol dengan kemampuan baru
 
Sebelumnya, XL sudah merilis kartu Super Ngobrol yang mengizinkan pengguna untuk menelepon atau panggilan suara dengan tarif Rp 1 per detik.
 
Kini, layanan tersebut diperluas. Pengguna kartu tersebut bisa melakukan panggilan suara maupun video dari aplikasi WhatsApp dan Line tanpa ada pemotongan kuota data.
 
"Kita tahu dalam Idul Fitri, keluarga terkadang mau bersilaturahmi melalui panggilan suara atau video call. Semoga layanan ini dapat mengakomodir itu," tutur Oses.
 
Layanan ini sendiri berlaku selama 24 jam. Program serupa dikatakan akan tetap berlaku, bahkan setelah Lebaran usai.
 
Kartu perdana “XL Super Ngobrol” bisa didapatkan pelanggan dengan harga Rp 3.000. Pelanggan bisa mendapatkannya mulai 15 Mei 2017 di toko yang menjual kartu perdana XL di seluruh Indonesia.
 
Selain itu, pengguna kartu ini akan mendapatkan kuota sebesar 100 MB gratis untuk mengakses konten di aplikasi Android, Super Nonton. Kuota gratis tersebut berlaku di bulan Ramadhan.
 
"Ada konten film Indonesia dan film bertemakan Ramadhan di Super Nonton," kata Oses.
 
Baca: XL Tak Ingin Ulangi Mimpi Buruk Musim Mudik Tahun Lalu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com