Kompas.com - 10/05/2017, 17:56 WIB
Vivo V5S Oik Yusuf/KOMPAS.comVivo V5S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Vivo, menunjukkan keseriusan menggarap pasar gadget Indonesia dengan mengungkap rencana untuk membangun pusat riset (research and development Center) di Tanah Air.

Hal tersebut diutarakan oleh Product Manager PT Vivo Mobil Indonesia Kenny Chandra saat menemui wartawan usai acara peluncuran smartphone Vivo V5S di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Kenny mengatakan, saat ini Vivo sudah memiliki tujuh pusat riset. Sebanyak lima di antaranya berada di China, sementara dua sisanya di Amerika Serikat. Apabila nanti jadi dibangun, maka pusat riset ke-8 akan berlokasi di Indonesia.

Kendati demikian, Kenny mengaku masih belum bisa mengungkapkan lebih jauh mengenai pusat riset Vivo di luar niatan untuk membangun. Lokasi dan waktu realisasinya pun masih belum jelas.

"Untuk sekarang manajemen atas Vivo di China sendiri masih diskusi kira-kira konsepnya seperti apa. Nanti baru kami bisa sharing," kata Kenny.

"Behavior masyarakat dalam menggunakan ponsel itu berbeda-beda antar-negara. Indonesia termasuk salah satu yang jumlah penduduknya lumayan besar, makanya kami ingin bangun pusat riset di sini," imbuh Kenny.

Sebelumnya, dalam rangka memenuhi ketentuan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 30 persen, Vivo diketahui membangun fasilitas pabrik perakitan ponsel di Cikupa, Tanggerang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vivo mengaku telah berhasil menerapkan TDKN sebesar 32 persen di produk Vivo V5S dari bobot gabungan perakitan ponsel (hardware) serta penyertaan aplikasi lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.