Pelanggan Tri Dijaga 1.400 BTS 4G Tambahan Saat Lebaran

Kompas.com - 15/05/2017, 18:12 WIB
Vice President Director Tri Indoensia, Danny Buldansyah
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comVice President Director Tri Indoensia, Danny Buldansyah
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Hutchison Tri Indoensia (Tri) akan memasang 1.400 base transceiver station (BTS) untuk menangani lonjakan pengguna saat Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Vice Presideng Tri, Danny Buldansyah mengatakan bahwa seluruh BTS tersebut rencananya disebarkan di sepanjang jalur mudik dan berbagai lokasi di Indonesia yang diprediksi akan mengalami lonjakan pengguna.

“Rencananya kami akan siapkan 1.400 BTS 4G, untuk menganani lonjakan traffic data saat mudik nanti. Terutama di jalur mudik, seperti Pantura dan juga di daerah lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya saat ditemui usai peluncuran aplikasi Bima Plus di Jakarta, Senin (15/5/2017).

“Belajar dari pengalaman tahun lalu ketika terjadi macet parah di Brebes Exit, Pantura, kami akan tambah BTS lebih banyak. Rencananya antara 50-70 BTS mobile untuk jalur mudik Pantura,” terang Danny.

Selain penambahan BTS tersebut, menurutnya Tri juga akan bersiap-siap meningkatkan kapasitas jaringan di area-area yang sudah masuk dalam coverage.

Penambahan BTS dan kapasitas ini hanya dilakukan pada koneksi data atau 4G saja. Sedangkan koneksi 2G untuk telepon dan SMS dibiarkan tetap sebagaiman biasanya.

“Kalau voice sudah tidak kami angkat karena rata-rata pengguna sudah beralih ke data. Penggunaan voice pun biasanya dilakukan melalui aplikasi,” terang Danny.

“Perkiraannya traffic data akan melonjak 20 sampai 30 persen. Kalau hari biasa penggunaan data lebih banyak di weekend. Tapi ketika lebaran, banyak orang jalan makanya pemakaian data naik signifikan. Voice sih kemungkinan tidak bertambah,” pungkasnya.

Baca: Internet 4G Tri Sudah Jangkau 227 Kota di Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X