Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Smartphone Tizen Z4, Dijual Rp 1,2 Juta

Kompas.com - 16/05/2017, 11:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga smartphone Tizen dari Samsung telah mendapat anggota baru bernama Z4. Model terkini dari lini ponsel Z series tersebut diumumkan pada akhir pekan lalu.

Samsung Z4 adalah model entry level yang ditujukan untuk pasaran negara berkembang. Layarnya berukuran 4,5 inci dengan resolusi WVGA (800 x 480 piksel).

Jeroan Samsung Z4 mencakup prosesor quad-core 1,5 GHz, RAM berkapasitas 1 GB, baterai 2.050 mAh, dukungan jaringan 4G LTE, Bluetooth 4.0, media internal 8 GB, serta kamera depan dan belakang beresolusi 5 megapiksel.

Baca: Apa Itu OS Tizen di Samsung Z2, Bedanya dengan Android?

Kedua kamera milik Z4 dibekali dengan LED flash. Samsung mengklaim kamera pada ponsel ini “dioptimalkan untuk media sosial”.

Pabrikan asal Korea Selatan itu telah meluncurkan Z4 untuk pertama kalinya di India. Banderol harganya dipatok di angka 5.790 rupee atau setara Rp 1,2 juta.

Belum diketahui negara mana lagi yang akan disinggahi oleh Z4 dan kapan waktu kedatangannya. Di Indonesia, Samsung diketahui ikut memasarkan ponsel seri Z.

Seperti namanya, Z4 sendiri adalah generasi keempat dari lini smartphone Tizen besutan Samsung. Sebelumnya sudah ada Samsung Z1, Z3, dan Z2.

Lucunya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Selasa (16/5/2017), keempat smartphone Tizen di atas tidak diluncurkan secara berurutan berdasarkan angka pada namanya.

Pertama-tama ada Samsung Z yang tidak dipasarkan. Lalu setelahnya ada Z1 yang meluncur pada 2015. Setelah Z1, Samsung langsung “melompat” ke Z3 pada Oktober 2015. Kemudian Z2 malah lebih baru dengan diumumkan pada Agustus 2016.

Baca: Samsung Siapkan Rp 13 Miliar Per Bulan untuk Developer Tizen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com