Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bersiap Luncurkan 3 MacBook Baru?

Kompas.com - 17/05/2017, 14:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Menjelang pertengahan tahun 2017, Apple dikabarkan bersiap memperbarui lini laptop MacBook besutannya. Informasi terbaru menyebutkan pabrikan berlambang buah apel tergigit itu bakal memperkenalkan setidaknya 3 model MacBook baru.

Waktunya diperkirakan pada konferensi WWDC, Juni mendatang. Ketiga model baru dimaksud adalah model dari lini MacBook (12 inci), MacBook Pro, dan MacBook Air 13 inci.

Persisnya model MacBook Pro mana yang akan diperbarui, 13 inci atau 15 inci atau keduanya, masih belum diketahui.

Lalu di mana letak pembaruannya? Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (17/5/2017) menyebutkan bahwa Apple bakal menanam prosesor Intel Core generasi ke-7 (Kaby Lake) di MacBook Pro,

Model MacBook (12 inci) juga disinyalir akan mendapat pembaruan serupa, namun model prosesornya kemungkinan bukan Core i karena laptop ini dikenal menggunakan chip Core M yang lebih hemat daya.

MacBook Air diprediksi akan ikut diperbarui karena penjualannya ternyata tetap tinggi meski sudah "dipinggirkan" oleh lini laptop MacBook Pro 13 inci yang sama-sama bertubuh ramping.

Terlebih, Apple membutuhkan laptop tipis yang siap bersaing dengan Surface Laptop besutan Microsoft yang hadir pada awal Mei untuk mengisi celah yang ditinggalkan MacBook Air.

Surface Laptop digadang-gadang sebagai lawan tangguh buat MacBook Air yang sudah ketinggalan zaman dan bentuk fisiknya tak pernah berubah selama 7 tahun terakhir.

Bisnis laptop MacBook Apple tercatat naik belasan persen dibanding tahun lalu. Namun, seantero lini komputer Mac (termasuk desktop) sebenarnya hanya menyumbang sekitar 11 persen dari total pendapatan Apple. Penyumbang terbesar adalah iPhone dengan kontribusi dua pertiga dari total revenue.

Baca: Apple Segera Umumkan iOS 11, Apa yang Baru?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com