Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VLOG: Menjelajahi Kantor Pusat Google di Mountain View

Kompas.com - 17/05/2017, 18:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Ada empat kemewahan utama yang dimiliki pegawai Google: jam kerja fleksibel, makan siang gratis, pakaian bebas, serta tempat kerja bak taman bermain.

Setidaknya begitu yang tergambar ketika KompasTekno berkunjung ke Kantor Pusat sang raksasa internet di Mountain View, Palo Alto, Amerika Serikat pada Selasa (16/5/2017).

Kantor yang lebih sering disebut “Googleplex” itu terdiri dari beberapa bangunan di area seluas 37 hektar. KompasTekno sendiri cuma punya waktu untuk mengelilingi dua bangunan yang dinamai Gedung “42” dan “43”.

Keduanya termasuk jejeran gedung pertama Google ketika merintis usahanya pada 2006 silam. Di depan Gedung “43”, terpatri patung Android Nougat teranyar yang menjadi titik “wajib foto” bagi para pengunjung. Patung itu akan diganti sesuai dengan versi Android terbaru yang bakal dirilis sebentar lagi.

Foto di depan ikon Android Nougat di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Foto di depan ikon Android Nougat di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).

Di dalam Gedung 43 terdapat sebuah kafe bernama “Yoshka”. Kafe itu menjadi titik temu para Googlers (sebutan untuk karyawan Google) yang membawa anjing peliharaannya dan ingin bersosialisasi dengan anjing lain.

“Yoshka adalah anjing milik salah satu Googlers yang sama kami sayangi. Sekarang Yoshka sudah tidak di sini tapi namanya diabadikan sebagai nama cafe,” kata Batsheva Lazarus pada KompasTekno, Selasa (16/5/2017).

Selain kafe, ada ruangan kerja yang saat ini ditempati divisi Chrome. Menurut Lazarus, pada dasarnya tak ada ruangan pasti untuk semua Googlers. Mereka bisa bekerja di berbagai sudut kantor yang menurut mereka nyaman.

Kafe Yoshka di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Kafe Yoshka di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).

Lantas, di Gedung 42, ada beberapa permainan pengusir rasa penat. Ada juga “micro kitchen” berisi camilan sehat dan buah-buahan untuk dicicipi para Googlers.

Selain ke dua gedung tersebut, KompasTekno juga berkunjung ke taman Android, Google Store, serta melihat keunikan lain dari Googleplex. Tak lupa pula KompasTekno menjajal G-bikes, yakni sepeda khusus untuk Googlers, untuk berkeliling Googleplex suka-suka.

Pengalaman selengkapnya bisa ditengok lewat vlog di bawah ini atau lewat tautan ini.

Baca: Apa yang Bakal Diumumkan Google di Ajang I/O Malam Nanti?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com