Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Mulai Bisa Tulis Balasan E-mail Otomatis

Kompas.com - 18/05/2017, 07:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Ketika dilanda kesibukan dan mobilitas tinggi, Anda bisa saja dengan mudah mengecek e-mail. Namun, untuk membalasnya dibutuhkan energi dan waktu lebih.

Hal ini disadari betul oleh Google, hingga menciptakan fitur yang dinamai “smart reply”. Sejatinya, fitur itu mampu membalas pesan secara otomatis sesuai dengan kebiasaan penggunanya.

Cara kerja smart reply adalah dengan memberikan tiga opsi jawaban yang dianggap pas untuk merespons suatu pesan dari orang lain. Pengguna cukup memilih satu dari beberapa opsi dengan cara mengklik tanpa perlu mengetik kata atau kalimat.

“Kami pertama kali merilis smart reply di Allo dan akan tersedia di Gmail untuk Android dan iOS,” kata CEO Google, Sundar Pichai, Rabu (17/5/2017) di atas panggung Google I/O 2017,  Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat.

Smart reply ini merupakan salah satu bentuk implementasi machine learning pada produk Google untuk memudahkan aktivitas masyarakat modern. Bagi Anda yang seringkali harus membalas e-mail berbentuk template seperti “terima kasih”, “ok”, dan sejenisnya, smart reply menjadi sangat relevan.

Seperti dilaporkan langsung oleh jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini, pengguna Gmail di Amerika Serikat, baik lewat Android atau iOS, akan menjadi yang pertama menjajal fitur smart reply. Dalam beberapa minggu ke depan, fitur ini akan menyambangi Spanyol lantas pelan-pelan merambah ke negara lain.

Pada ajang Google I/O tahun ini, machine learning bisa dibilang sebagai “primadona”. Google mengatakan pihaknya ingin machine learning bisa berguna untuk semua kalangan, bukan cuma bagi pengguna, tapi juga developer dan enterprise.

Beberapa hal penting lain yang diumumkan di ajang Google I/O meliputi sistem operasi Android O, Android Go, perilisan Google Lens, pembaruan Google Photos, Assistant, dan Home.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com