Mirip Samsung Bixby, Google Lens Bikin Kamera Smartphone Makin Pintar

Kompas.com - 18/05/2017, 09:51 WIB
CEO Google Sundar Pichai memberikan keynote utama pada ajang tahunan Google I/O di Googleplex, Mountain Views, AS, Rabu (17/5/2017). Fatimah Kartini/Kompas.comCEO Google Sundar Pichai memberikan keynote utama pada ajang tahunan Google I/O di Googleplex, Mountain Views, AS, Rabu (17/5/2017).
|
EditorDeliusno

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Dalam “pesta” developer Google I/O 2017, machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI) bak “primadona” yang mencuri perhatian. Keduanya menjadi intisari semua produk Google, salah satunya yang bertajuk “Google Lens”.

Produk tersebut ditujukan bagi para pengguna smartphone. Fungsinya ditopang oleh kolaborasi dengan Google Assistant dan kamera smartphone.

Berdasarkan prinsipnya, Google Lens ini bisa dibilang mirip dengan platform Bixby buatan Samsung yang tersemat pada lini Galaxy S8. Fitur tersebut bisa membuat kamera smartphone semakin pintar dengan memberikan berbagai informasi yang belum diketahui pengguna.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Menurut CEO Google, Sundar Pichai, Google Lens tak cuma membuat kamera membidik objek tapi juga memberikan makna lebih dalam dan informasi ke pengguna. Lebih lanjut, Pichai mendemonstrasikan fungsi Google Lens dalam tiga contoh kasus.

Pertama, Google Lens untuk mengenali objek yang tak diketahui pengguna. Misalnya pengguna membidik setangkai bunga dan ingin tahu jenisnya.

“Google Lens bisa mengidentifikasi jenis bunga itu. Lantas, pengguna juga bisa langsung memanggil Google Assistant untuk menggali informasi yang lebih dalam soal bunga itu, misalnya di mana tempat membeli dan hal-hal terkait,” ia menjelaskan ketika berbicara di Main Keynote Google I/O, Rabu (17/5/2017), di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat.

Dapat tepuk tangan meriah

Contoh kedua yang diberikan Pichai adalah menghubungkan jaringan Wi-Fi. Tak perlu lagi memasukkan username dan password, cukup dengan memotret stiker router Wi-Fi. Google Lens akan langsung mengaktifkan Wi-Fi, seperti cara kerja pemindai barcode.

Seperti dilaporkan langsung oleh jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini, para peserta keynote yang terdiri dari 7.000 developer dan sekitar 400 jurnalis sontak mengekspresikan kekaguman mereka dengan sorak-sorai tepuk tangan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X