Kompas.com - 18/05/2017, 12:56 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

MALANG, KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi bahwa pada hari raya idul fitri 2017 akan terjadi lonjakan traffic data. Sebagai antisipasi, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu bakal meningkatkan kapasitas data di jaringannya.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan prediksi lonjakan payload atau penggunaan data oleh pelanggan kemungkinan naik hingga 115 persen dibandingkan hari raya Idul Fitri tahun lalu. Pemakaian data internet pada lebaran tahun ini bakal mencapai 5,8 TB.

"Untuk antisipasi kenaikan pemakai data itu kami meningkatkan kapasitas yang bisa ditampung sampai 1.687 GB per detik atau 1,6 TB per detik," terang Bob di sela Uji Jaringan Telkomsel 2017 di Malang, Kamis (18/5/2017).

"Kenaikan tahun ini pada layanan data. Sedangkan pemakaian layanan voice turun 10,3 persen dan SMS turun 16 persen," imbuhnya.

Selain menambah kapasitas data, Telkomsel juga menyiapkan sejumlah tambahan base transceiver station (BTS) untuk memastikan pelanggan tetap mendapat sinyal.

"BTS yang kami siapkan di hari raya Idul Fitri 2017 itu terbagi jadi dua, yakni 3G ada 614 unit dan 4G ada 1376 unit. Kami juga siapkan BTS mobile 89 unit jika sewaktu-waktu diperlukan," terang Bob.

Saat ini Telkomsel juga tengah melakukan drive test untuk menguji penambahan jaringan yang sudah disiapkan itu. Pengujian jaringan dilakukan di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Baca: Telkomsel Tanggapi Protes Hacker yang Bilang Tarif Internet Mahal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.