Kompas.com - 18/05/2017, 20:26 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

MALANG, KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi kenaikan traffic telekomunikasi pada musim mudik Lebaran 2017 bakal cukup signifikan. Sebagai antisipasi, perusahaan telah menyiapkan sejumlah hal.

Director Network Telkomsel, Bob Apriawan telah memprediksi bahwa lonjakan traffic akan terjadi pada layanan data. Sedangkan dua layanan dasar, yakni telepon dan SMS justru bakal turun.

Selain itu, bakal terjadi pergerakan pengguna secara besar-besaran menuju suatu titik atau mudik. Sepanjang pergerakan itu bisa saja terjadi kemacetan di titik-titik tertentu, sehingga banyak orang berkumpul dan menciptakan traffic besar di titik tersebut.

Sebagai antisipasi, Telkomsel telah menyiapkan sejumlah langkah. Beberapa di antaranya, menurut Bob, adalah meningkatkan jumlah base transceiver station (BTS) baru, menyiagakan BTS mobile, memperbesar daya tampung pengguna dan menambah kapasitas data.

“Lebaran tahun ini kami menyiapkan total 1.990 BTS baru dan meyiagakan 89 unit BTS mobile. Kami juga antisipasi home location register (HLR) agar dapat menampung 314 juta pelanggan dan visiting location register (VLR) agar sanggup menampung 245 juta pelanggan,” terang Bob di sela Uji Jaringan Telkomsel 2017, di Malang, Kamis (18/5/2017).

Dua tipe BTS

Telkomsel akan membagi dua tipe BTS baru yang dibuat untuk menangani Lebaran 2017. Pertama adalah BTS 3G sebanyak 614 unit, kedua adalah BTS 4G sebanyak 1.376 unit.

Ketua Tim Ramadhan-Idul Fitri (RAFI) Telkomsel 2017, Andrias Indra menambahkan bahwa seluruh BTS tersebut bakal disebarkan ke seluruh Indonesia. Tujuan utamanya untuk menjaga sinyal di titik-titik kepadatan Lebaran 2017.

Dok. Telkomsel BTS Telkomsel.
“Ini kita bangun BTS baru dari nol, jadi nanti setelah selesai musim mudik pun masih bisa dipakai. Total ada 312 jalur mudik dan 526 lokasi wisata di seluruh Indonesia yang bakal di-cover,” ujar Andrias.

“Untuk BTS 4G kami pusatkan di titik-titik yang diprediksi bakal terjadi penumpukan pengguna, baik jalur mudik atau wisata. 4G ini dipilih karena memang kepadatannya sudah tidak bisa ditampung 3G,” imbuhnya.

Halaman:
Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.