Diperbarui, Google Photos Ingatkan Kirim Foto ke Teman

Kompas.com - 19/05/2017, 06:53 WIB
                               Vice President, Product Management Google Photos, Anil Sabharwal, Rabu (17/5/2017) dalam Keynote Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS. Google Vice President, Product Management Google Photos, Anil Sabharwal, Rabu (17/5/2017) dalam Keynote Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS.
|
EditorDeliusno

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Segera setelah membidik selfie atau foto lainnya bersama orang-orang terkasih, ada skenario lanjutan yang kerap membakar emosi. Misalnya saja ketika si B meminta hasil selfie atau foto itu kepada si A.

“Kirim semua fotonya ya,” begitu kira-kira yang akan diucapkan si B. Lantas si A mengangguk namun tak jua mengirimkannya hingga berhari-hari. Si B pun meneror via aplikasi chat dan akhirnya ada sensitivitas yang muncul di antara keduanya.

Suggested Sharing

Google ingin memberantas skenario seperti itu melalui pembaruan pada layanan Google Photos yang dinamai “Suggested Sharing”. Ketika membidik selfie atau foto lainnya bersama-sama, Suggested Sharing akan mengingatkan Anda untuk membaginya ke semua orang yang nimbrung dalam foto.

Baca: CEO Google Janji Datang ke Indonesia ketika Pixel Dirilis

Suggested Sharing mengklasifikasikan wajah-wajah orang secara otomatis dengan menggunakan machine learning dan artificial intelligence. Intinya, pengguna cukup mengklik “send” untuk mengirim foto-foto ke mereka yang ada dalam foto itu.

“Anda tak perlu lagi rebutan pakai smartphone masing-masing untuk foto bersama. Semua foto toh akan terdistribusi otomatis,” kata VP Product Google, Anil Sabharwal, Rabu (17/5/2017), di atas panggung Google I/O 2017, Shoreline Amphitheatre, Amerika Serikat.

Sebagaimana dilaporkan langsung oleh jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini, bagi si penerima foto, Anda bisa mengakses melalui tab “Sharing” di Google Photos. Dari situ, Anda bisa memilih foto-foto mana untuk disimpan di Google Photos atau diunduh ke galeri smartphone.

Shared Libraries

Selain membagi dan menerima foto dengan lebih mudah, Google Photos juga memberikan kemudahan bagi pasangan suami-istri atau sahabat dekat yang ingin saling berbagi apa saja. Anda bisa memanfaatkan fitur “Shared Libraries”, di mana setiap foto yang Anda bidik akan tersinkronisasi ke smartphone pasangan, begitu pula sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X