Kompas.com - 20/05/2017, 11:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

MALANG, KOMPAS.com - Telkomsel memasang 4G untuk menyelimuti keseluruhan jalur mudik antara Surabaya dan Malang. Seberapa cepat koneksi internet tersebut di sana?

Saat menyusuri jalur tersebut bersama rombongan media dan tim persiapan Telkomsel Ramadhan-Idul Fitri (RAFI) 2017, KompasTekno juga melakukan pengujian sendiri.

Pengujian tersebut menggunakan aplikasi Nperf dan memakai koneksi yang ada untuk tethering, berkirim pesan, bermain game, serta menjelajah web dan media sosial. Smartphone yang kami gunakan adalah LG G6.

Pada pengujian kami, saat berada di sekitar Jalan Raya Juanda, aplikasi Nperf menunjukkan kecepatan download 4G Telkomsel mencapai 2,91 Mbps dan upload 7,65 Mbps. Ini merupakan kecepatan terendah yang muncul dalam pengujian.

Meski demikian Instagram, Path dan Facebook masih bisa dibuka dengan lancar. Streaming YouTube dan menjelajah internet menggunakan peramban Chrome pun bisa dilakukan dengan lancar.

Baca: Upaya Telkomsel Jaga Sinyal Pemudik Lebaran 2017

Di Jalan Tol Surabaya-Gempol yang masuk dalam kawasan Sidoarjo, Nperf menunjukkan kecepatan internet 4G yang tak jauh berbeda. Download pada 4,47 Mbps dan upload pada 13.05 Mbps.

Selepas Gempol, tepatnya di sekitar Warung Bebek Sinjay, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, kecepatan 4G tersebut tembus 29,33 Mbps pada download dan 23,42 Mbps pada upload.

Sementara itu di kawasan Batu Town Square, Malang, Nperf menunjukkan bahwa kecepatan download 4G Telkomsel mencapapi 20,86 Mbps dan upload mencapai 12,60 Mbps.

screenshot Aplikasi Nperf

Hal menarik dalam pengujian jalur mudik Surabaya-Malang ini adalah Telkomsel memastikan bahwa seluruh jalur sudah diselimuti oleh koneksi internet 4G. Selama pengujian pun koneksi internet yang diperoleh adalah 4G, tidak turun ke 3G.

Halaman:
Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.