Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Terbakar, Panasonic Tarik 280.000 Baterai Tablet

Kompas.com - 21/05/2017, 14:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber AnandTech

KOMPAS.com - Masalah baterai gadget yang rawan terbakar kembali ditemukan, kali ini pada seri tablet tangguh Toughpad besutan Panasonic. Model yang terdampak adalah Toughpad FZ-G1 Mark 1, Mark 2, dan Mark 3.

Perusahaan asal Jepang itu pun pekan lalu memutuskan untuk menarik kembali (voluntary recall) baterai-baterai pada perangkat tablet dimaksud. Jumlah keseluruhannya mencapai 280.000 unit baterai.

"Penyebabnya adalah kontaminasi di dalam sel baterai," sebut Panasonic dalam keterangannya

"Saat baterai (tipe FZ-VZSU84U dan FZ-VSZU97U) digunakan di lingkungan dengan variasi temperatur yang tinggi, bisa terjadi hubungan pendek di dalam selnya yang mengakibatkan overheating dan kebakaran," lanjut Panasonic.

Panasonic sudah mencatat setidaknya 16 kasus baterai tablet FZ-G1 yang terbakar, antara bulan Maret 2015 hingga April 2017. Sebanyak 12 kasus terjadi di Amerika Serikat dan ada satu kejadian masing-masing di Jepang dan Australia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Minggu (21/5/2017).

Para pemilik tablet Toughpad FZ-G1 Mark 1, Mark 2, dan Mark 3 dianjukan untuk mengidentifikasi perangkatnya, apakah termasuk dalam model yang terdampak atau tidak. Daftar tablet yang memiliki baterai rawan terbakar bisa dilihat di laman berikut.

Panasonic Instruksi berbenuk ilustrasi untuk melepas dan mengidentifikasi baterai tablet Toughbook yang bermasalah.

Setelah itu, para pemilik diinstruksikan untuk melepas baterai berdasarkan instruksi yang diberikan dengn melepas accumulator dan melihat bagian belakang baterai untuk mengetahui tipenya.

Apabila tipe baterai termasuk yang bermasalah, maka pemilik bisa menghubungi Panasonic lewat e-mail khusus atau telepon untuk mendapatkan baterai pengganti. Unit baterai lama tidak perlu dikirimkan ke Panasonic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AnandTech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com