Kompas.com - 22/05/2017, 19:20 WIB
Nokia 3310 tiruan (kiri) dan Nokia 3310 asli Phone ArenaNokia 3310 tiruan (kiri) dan Nokia 3310 asli
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Smartphone bikinan vendor papan atas sudah biasa menjadi produk replika. Namun, siapa sangka, ponsel kelas menengah ke bawah bikinan HMD Global, Nokia 3310 versi reborn atau yang dirilis ulang, juga telah menjadi korban.

Produk replika yang dimaksud di sini adalah perangkat yang dibikin dengan bentuk yang mirip, bahkan sama persis dengan produk bikinan vendor tertentu.

Meski desainnya sama, biasanya spesifikasinya juga sistem operasinya jauh berbeda. Kualitas dari perangkat replika sendiri jauh lebih rendah.

Replika dari Nokia 3310 itu sendiri dibuat oleh pabrikan asal India bernama Darago. Casing perangkat bikinan Darago itu dibikin sangat mirip dengan Nokia 3310 bikinan HMD Global.

Baca: Ini Beda Nokia 3310 Baru dan Lama

Berdasarkan gambar perangkat, seperti yang bisa dilihat di bagian atas, hanya ada sedikit perbedaan yang tampak dari segi fisik, yakni desain tombol fisik. Selain itu, Darago untungnya masih melabeli produk bikinannya dengan nama perusahaan.

Oleh karena itu, jika diperhatikan dengan baik-baik, calon pembeli masih bisa membedakan Nokia 3310 versi baru dengan produk bikinan Darago dengan mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (22/5/2017), Nokia 3310 menggunakan layar dengan bentang 2,4 inci. Layar tersebut pun tampak tajam. Spesifikasi lainnya, kamera utama 2 MP dan RAM 16 MB.

Sedangkan, "Nokia 3310" bikinan Darago menggunakan layar 1,77 inci dengan layar yang kelihatan buram. Kamera belakang menggunakan sensor 0,3 MP dengan RAM 1 MB.  

"Nokia 3310" bikinan Darago sendiri dijual dengan harga sangat murah, yakni 12 dollar AS atau sekitar Rp 160.000. Sementara, Nokia 3310 asli dijual 50 dollar AS atau sekitar Rp 665.000.

Baca: Akankah Nokia 3310 Reborn Dijual di Indonesia?


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.