Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto di Instagram Bakal Bisa "Dibangkitkan" Kembali

Kompas.com - 23/05/2017, 12:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna Instagram seringkali menghapus foto yang diunggah, jika foto tersebut ternyata terlihat kurang menarik, atau tidak mendapat banyak "Like".

Namun langkah menghapus foto di Instagram itu juga bisa disesali belakangan. Instagram juga jadi kehilangan aset untuk memonetisasi konten yang diunggah di layanannya, jika semakin banyak pengguna yang menghapus foto yang telah diposting.

Untuk itu, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (23/5/2017), Instagram merilis fitur "Archive" yang berguna untuk mengarsipkan foto.

Mengarsipkan di sini sebenarnya membuat foto yang telah diunggah, masuk ke folder yang tersembunyi dari umum, hanya bisa diakses oleh pemilik akun.

Jika sewaktu-waktu postingan foto itu ingin dimunculkan kembali, pemilik akun juga bisa melakukannya dari menu Archive ini.

Akan tetapi, fitur arsip di Instagram ini masih bersifat uji coba. Jadi hanya pengguna tertentu saja yang baru bisa menggunakannya.

Juru bicara Instagram mengonfirmasi fitur ini. "Kami selalu menguji cara baru menggunakan Instagram," ujar juru bicara itu pendek.

Menurut Instagram, pihaknya bakal merilis fitur pengarsipan foto ini untuk publik dalam beberapa bulan ke depan.

Bagi yang ingin mengecek apakah bisa mengakses fitur arsip, bisa memperbarui aplikasi Instagram di Android atau iOS, lalu membuka menu tiga titik di postingan foto, dan pilih menu Archive.

Di halaman profil Instagram, di pojok kanan atas akan terdapat ikon jam dengan tanda panah yang berlawanan arah jarum jam. Ikon itu bisa digunakan untuk membuka fitur Archive.

Pengguna juga bisa mengatur akun siapa saja yang boleh melihat foto-foto arsip pemilik akun.

Baca: Instagram Dinilai Buruk untuk Kesehatan Jiwa Remaja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com