Foto di Instagram Bakal Bisa "Dibangkitkan" Kembali

Kompas.com - 23/05/2017, 12:58 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pengguna Instagram seringkali menghapus foto yang diunggah, jika foto tersebut ternyata terlihat kurang menarik, atau tidak mendapat banyak "Like".

Namun langkah menghapus foto di Instagram itu juga bisa disesali belakangan. Instagram juga jadi kehilangan aset untuk memonetisasi konten yang diunggah di layanannya, jika semakin banyak pengguna yang menghapus foto yang telah diposting.

Untuk itu, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (23/5/2017), Instagram merilis fitur "Archive" yang berguna untuk mengarsipkan foto.

Mengarsipkan di sini sebenarnya membuat foto yang telah diunggah, masuk ke folder yang tersembunyi dari umum, hanya bisa diakses oleh pemilik akun.

Jika sewaktu-waktu postingan foto itu ingin dimunculkan kembali, pemilik akun juga bisa melakukannya dari menu Archive ini.

Akan tetapi, fitur arsip di Instagram ini masih bersifat uji coba. Jadi hanya pengguna tertentu saja yang baru bisa menggunakannya.

Juru bicara Instagram mengonfirmasi fitur ini. "Kami selalu menguji cara baru menggunakan Instagram," ujar juru bicara itu pendek.

Menurut Instagram, pihaknya bakal merilis fitur pengarsipan foto ini untuk publik dalam beberapa bulan ke depan.

Bagi yang ingin mengecek apakah bisa mengakses fitur arsip, bisa memperbarui aplikasi Instagram di Android atau iOS, lalu membuka menu tiga titik di postingan foto, dan pilih menu Archive.

Di halaman profil Instagram, di pojok kanan atas akan terdapat ikon jam dengan tanda panah yang berlawanan arah jarum jam. Ikon itu bisa digunakan untuk membuka fitur Archive.

Pengguna juga bisa mengatur akun siapa saja yang boleh melihat foto-foto arsip pemilik akun.

Baca: Instagram Dinilai Buruk untuk Kesehatan Jiwa Remaja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.