Gencar Promosi, Oppo dan Vivo Naik Jauh

Kompas.com - 24/05/2017, 07:40 WIB
- -
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seperti sebelum-sebelumnya, Samsung dan Apple masih menduduki dua urutan teratas pabrikan smartphone terbesar di dunia.

Namun, informasi terbaru dari lembaga riset pasar Gartner menunjukkan bahwa pabrikan-pabrikan China, yakni Huawei, Oppo, dan Vivo, mulai mengejar keduanya di kancah global.

Baik Huawei, Oppo, dan Vivo sama-sama mengalami kenaikan penjualan global yang relatif tinggi dibandingkan tahun lalu. Direktur riset Gartner Anshul Gupta mengungkapkan alasannya dalam laporan yang dilansir oleh Gartner.

Baca: Sama-sama Andalkan Kamera Selfie, Vivo Tak Takut Bersaing dengan Oppo

“Ketiga pabrikan smartphone China di urutan teratas ini mendorong penjualan dengan smartphone berkualitas dan mengusung berbagai inovasi fitur dengan harga terjangkau,” komentar Gupta dalam laporannya.

“Pemasaran agresif dan promosi penjualan berhasil membuat merek-merek ini mengambil porsi penjualan brand lain di pasaran seperti India, Indonesia, dan Thailand,” lanjut dia.

Oppo, yang berada di posisi empat, mengalami kenaikan penjualan global hampir dua kali lipat dari kisaran 15 juta unit menjadi 30 juta unit. Pangsa pasarnya terdongkrak menjadi 8,1 persen dari setahun sebelumnya 4,6 persen.

Demikian juga halnya dengan Vivo (posisi lima) yang mencatat kenaikan penjualan dari kisaran 14 juta unit menjadi 25 juta unit. Pangsa pasarnya naik dari 4 persen di tahun lalu menjadi 6,8 persen.

Huawei nomor tiga

Laporan kuartal pertama 2017 dari Gatner mengungkapkan bahwa Huawei yang duduk di urutan ketiga mengalami kenaikan penjualan unit menjadi kisaran 34 juta unit, dari 28 juta unit di kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X